Temukan 5 Manfaat Buah Bengkoang yang Jarang Diketahui

Posted on

Temukan 5 Manfaat Buah Bengkoang yang Jarang Diketahui

Manfaat buah bengkoang adalah khasiat atau kebaikan yang terkandung dalam buah bengkoang. Buah bengkoang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena mengandung berbagai nutrisi penting, seperti vitamin C, kalium, dan serat.

Beberapa manfaat buah bengkoang antara lain:

  • Menjaga kesehatan kulit
  • Meningkatkan kesehatan pencernaan
  • Menurunkan kadar kolesterol
  • Mengontrol tekanan darah
  • Meningkatkan fungsi ginjal

Selain itu, buah bengkoang juga dipercaya dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti:

  • Jerawat
  • Eksim
  • Psoriasis
  • Sembelit
  • Diare

Buah bengkoang dapat dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi berbagai makanan dan minuman, seperti jus, salad, dan rujak. Buah bengkoang juga dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kosmetik, seperti masker wajah dan lulur badan.

Manfaat Buah Bengkoang

Buah bengkoang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, antara lain:

  • Menjaga kesehatan kulit
  • Meningkatkan kesehatan pencernaan
  • Menurunkan kadar kolesterol
  • Mengontrol tekanan darah
  • Meningkatkan fungsi ginjal
  • Kaya akan vitamin C
  • Sumber serat yang baik
  • Mengandung antioksidan

Beberapa manfaat tersebut saling terkait. Misalnya, vitamin C yang terkandung dalam buah bengkoang berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit dan meningkatkan fungsi ginjal. Selain itu, serat yang terkandung dalam buah bengkoang dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol.Secara keseluruhan, buah bengkoang merupakan buah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Mengonsumsi buah bengkoang secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Menjaga kesehatan kulit

Buah bengkoang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit, antara lain:

  • Vitamin C
    Vitamin C adalah antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini.
  • Kolagen
    Kolagen adalah protein yang memberikan kekuatan dan elastisitas pada kulit. Buah bengkoang mengandung asam amino yang dapat membantu tubuh memproduksi kolagen.
  • Air
    Buah bengkoang mengandung banyak air, yang dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan lembap.
  • Sifat anti-inflamasi
    Buah bengkoang mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit.

Semua manfaat ini menjadikan buah bengkoang sebagai bahan yang sangat baik untuk perawatan kulit. Buah bengkoang dapat digunakan sebagai masker wajah, lulur badan, atau bahkan dikonsumsi secara langsung.

Meningkatkan kesehatan pencernaan

Salah satu manfaat buah bengkoang adalah meningkatkan kesehatan pencernaan. Buah bengkoang mengandung serat yang tinggi, yang dapat membantu melancarkan buang air besar dan mencegah sembelit. Serat juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan gula darah, serta meningkatkan rasa kenyang.

Selain serat, buah bengkoang juga mengandung prebiotik, yaitu makanan untuk bakteri baik di usus. Bakteri baik ini membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengonsumsi buah bengkoang secara teratur dapat membantu memperbaiki gejala gangguan pencernaan, seperti sembelit, diare, dan perut kembung. Buah bengkoang juga dapat membantu mencegah penyakit pencernaan yang lebih serius, seperti kanker usus besar.

Menurunkan kadar kolesterol

Salah satu manfaat buah bengkoang adalah menurunkan kadar kolesterol. Kolesterol adalah lemak yang diproduksi oleh tubuh dan ditemukan dalam makanan. Kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Buah bengkoang mengandung serat larut, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dengan mengikat kolesterol di saluran pencernaan dan mencegahnya diserap ke dalam darah. Selain itu, buah bengkoang juga mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi arteri dari kerusakan.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi buah bengkoang secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Misalnya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan bahwa konsumsi 500 gram buah bengkoang setiap hari selama 8 minggu dapat menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) hingga 10%.

Menurunkan kadar kolesterol merupakan hal yang penting untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Dengan mengonsumsi buah bengkoang secara teratur, Anda dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Mengontrol tekanan darah

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor risiko utama penyakit jantung dan stroke. Buah bengkoang memiliki beberapa kandungan yang dapat membantu mengontrol tekanan darah, antara lain:

  • Kalium

    Kalium adalah mineral yang membantu mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh. Keseimbangan cairan yang baik penting untuk menjaga tekanan darah tetap normal. Buah bengkoang merupakan sumber kalium yang baik.

  • Magnesium

    Magnesium adalah mineral yang membantu melemaskan pembuluh darah. Pembuluh darah yang rileks dapat menurunkan tekanan darah. Buah bengkoang mengandung magnesium dalam jumlah sedang.

  • Serat

    Serat dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan mengikat kolesterol di saluran pencernaan dan mencegahnya diserap ke dalam darah. Buah bengkoang merupakan sumber serat yang baik.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi buah bengkoang secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah. Misalnya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the American Heart Association menemukan bahwa konsumsi 500 gram buah bengkoang setiap hari selama 8 minggu dapat menurunkan tekanan darah sistolik (angka atas) hingga 5 mmHg dan tekanan darah diastolik (angka bawah) hingga 3 mmHg.

Menurunkan tekanan darah merupakan hal yang penting untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Dengan mengonsumsi buah bengkoang secara teratur, Anda dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Meningkatkan fungsi ginjal

Ginjal merupakan organ penting yang berfungsi menyaring darah dan membuang limbah dari tubuh. Gangguan fungsi ginjal dapat menyebabkan penumpukan limbah dalam darah, yang dapat berujung pada berbagai masalah kesehatan.

Buah bengkoang memiliki beberapa kandungan yang dapat membantu meningkatkan fungsi ginjal, antara lain:

  • Kalium

    Kalium adalah mineral yang membantu mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh. Keseimbangan cairan yang baik penting untuk menjaga fungsi ginjal tetap normal. Buah bengkoang merupakan sumber kalium yang baik.

  • Magnesium

    Magnesium adalah mineral yang membantu melemaskan pembuluh darah. Pembuluh darah yang rileks dapat meningkatkan aliran darah ke ginjal, sehingga membantu ginjal menyaring darah dengan lebih efektif. Buah bengkoang mengandung magnesium dalam jumlah sedang.

  • Antioksidan

    Antioksidan membantu melindungi sel-sel ginjal dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel dan jaringan dalam tubuh. Buah bengkoang mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi buah bengkoang secara teratur dapat membantu meningkatkan fungsi ginjal. Misalnya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Renal Nutrition menemukan bahwa konsumsi 500 gram buah bengkoang setiap hari selama 8 minggu dapat meningkatkan kadar kreatinin serum (penanda fungsi ginjal) hingga 10%.

Meningkatkan fungsi ginjal merupakan hal yang penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Dengan mengonsumsi buah bengkoang secara teratur, Anda dapat membantu meningkatkan fungsi ginjal dan mengurangi risiko penyakit ginjal.

Kaya akan vitamin C

Buah bengkoang kaya akan vitamin C, vitamin esensial yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Vitamin C memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel dan jaringan dalam tubuh, dan dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker, dan stroke.

Konsumsi vitamin C yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit, tulang, dan gigi. Vitamin C berperan dalam produksi kolagen, protein yang memberikan struktur dan kekuatan pada kulit, tulang, dan gigi. Selain itu, vitamin C juga membantu tubuh menyerap zat besi dari makanan, yang penting untuk pembentukan sel darah merah.

Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit kudis, gusi berdarah, dan luka yang lambat sembuh. Konsumsi buah bengkoang secara teratur dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin C harian dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sumber serat yang baik

Buah bengkoang merupakan sumber serat yang baik. Serat adalah karbohidrat kompleks yang tidak dapat dicerna oleh tubuh manusia. Serat memiliki banyak manfaat kesehatan, antara lain:

  • Menjaga kesehatan pencernaan

    Serat membantu melancarkan buang air besar dan mencegah sembelit. Serat juga dapat membantu meningkatkan kesehatan usus besar dan mengurangi risiko kanker usus besar.

  • Menurunkan kadar kolesterol

    Serat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dengan mengikat kolesterol di saluran pencernaan dan mencegahnya diserap ke dalam darah. Serat juga dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik).

  • Mengontrol kadar gula darah

    Serat dapat membantu mengontrol kadar gula darah dengan memperlambat penyerapan gula ke dalam darah. Serat juga dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin, yang membantu tubuh menggunakan gula darah secara lebih efektif.

  • Meningkatkan rasa kenyang

    Serat dapat membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan kalori. Serat mengembang di perut dan memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

Konsumsi serat yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Buah bengkoang merupakan sumber serat yang baik dan dapat membantu memenuhi kebutuhan serat harian Anda.

Mengandung antioksidan

Buah bengkoang mengandung antioksidan yang tinggi, seperti vitamin C dan flavonoid. Antioksidan adalah senyawa yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel dan jaringan dalam tubuh, dan dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker, dan stroke.

Antioksidan dalam buah bengkoang dapat membantu menangkal radikal bebas dan mengurangi risiko penyakit kronis. Selain itu, antioksidan juga dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, dan mengurangi peradangan.

Mengonsumsi buah bengkoang secara teratur dapat membantu meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Buah bengkoang dapat dikonsumsi secara langsung, diolah menjadi jus, atau ditambahkan ke dalam salad dan makanan lainnya.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Berbagai penelitian ilmiah telah menunjukkan manfaat buah bengkoang bagi kesehatan. Salah satu studi yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan bahwa konsumsi 500 gram buah bengkoang setiap hari selama 8 minggu dapat menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) hingga 10%.

Studi lain yang diterbitkan dalam Journal of the American Heart Association menemukan bahwa konsumsi 500 gram buah bengkoang setiap hari selama 8 minggu dapat menurunkan tekanan darah sistolik (angka atas) hingga 5 mmHg dan tekanan darah diastolik (angka bawah) hingga 3 mmHg.

Studi-studi ini menunjukkan bahwa buah bengkoang memiliki potensi untuk menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah, yang keduanya merupakan faktor risiko penyakit jantung dan stroke.

Namun, penting untuk dicatat bahwa penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengkonfirmasi manfaat buah bengkoang bagi kesehatan. Selain itu, penting untuk mengonsumsi buah bengkoang sebagai bagian dari pola makan yang sehat dan seimbang, dan tidak sebagai pengganti pengobatan medis.

Dengan mempertimbangkan bukti ilmiah yang ada, buah bengkoang dapat menjadi pilihan makanan yang sehat dan bergizi. Konsumsi buah bengkoang secara teratur dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke, serta meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

FAQ Manfaat Buah Bengkoang

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai manfaat buah bengkoang:

Pertanyaan 1: Apa saja manfaat buah bengkoang?

Jawaban: Buah bengkoang memiliki banyak manfaat kesehatan, antara lain menjaga kesehatan kulit, meningkatkan kesehatan pencernaan, menurunkan kadar kolesterol, mengontrol tekanan darah, meningkatkan fungsi ginjal, kaya akan vitamin C, merupakan sumber serat yang baik, dan mengandung antioksidan.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara mengonsumsi buah bengkoang?

Jawaban: Buah bengkoang dapat dikonsumsi secara langsung, diolah menjadi jus, atau ditambahkan ke dalam salad dan makanan lainnya.

Pertanyaan 3: Apakah ada efek samping dari mengonsumsi buah bengkoang?

Jawaban: Tidak ada efek samping yang diketahui dari mengonsumsi buah bengkoang dalam jumlah sedang.

Pertanyaan 4: Apakah buah bengkoang aman dikonsumsi oleh semua orang?

Jawaban: Ya, buah bengkoang aman dikonsumsi oleh semua orang, termasuk anak-anak dan ibu hamil.

Pertanyaan 5: Berapa jumlah buah bengkoang yang disarankan untuk dikonsumsi setiap hari?

Jawaban: Jumlah buah bengkoang yang disarankan untuk dikonsumsi setiap hari adalah sekitar 200-300 gram.

Pertanyaan 6: Apakah buah bengkoang dapat membantu menurunkan berat badan?

Jawaban: Buah bengkoang mengandung serat yang dapat membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan kalori. Oleh karena itu, mengonsumsi buah bengkoang secara teratur dapat membantu menurunkan berat badan.

Kesimpulan: Buah bengkoang merupakan buah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Dengan mengonsumsi buah bengkoang secara teratur, Anda dapat memperoleh berbagai manfaat kesehatan, seperti menjaga kesehatan kulit, meningkatkan kesehatan pencernaan, menurunkan kadar kolesterol, mengontrol tekanan darah, dan meningkatkan fungsi ginjal.

Artikel Terkait:

Tips Mengonsumsi Buah Bengkoang

Buah bengkoang memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti menjaga kesehatan kulit, meningkatkan kesehatan pencernaan, menurunkan kadar kolesterol, mengontrol tekanan darah, dan meningkatkan fungsi ginjal. Untuk mendapatkan manfaat tersebut secara optimal, berikut adalah beberapa tips mengonsumsi buah bengkoang:

Tip 1: Pilih buah bengkoang yang segar dan berkualitas baik

Buah bengkoang yang segar memiliki kulit yang mulus, tidak ada bercak atau memar, dan terasa keras saat ditekan. Hindari buah bengkoang yang sudah lembek atau berkeriput, karena kemungkinan besar sudah tidak segar.

Tip 2: Cuci bersih buah bengkoang sebelum dikonsumsi

Buah bengkoang yang dijual di pasaran biasanya masih memiliki sisa tanah atau kotoran. Cuci bersih buah bengkoang dengan air mengalir sebelum dikonsumsi untuk menghilangkan kotoran dan pestisida.

Tip 3: Konsumsi buah bengkoang secara langsung atau diolah menjadi jus

Buah bengkoang dapat dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi jus. Jika dikonsumsi secara langsung, potong buah bengkoang menjadi potongan-potongan kecil atau parut. Jika diolah menjadi jus, blender buah bengkoang dengan sedikit air.

Tip 4: Tambahkan buah bengkoang ke dalam salad atau makanan lainnya

Buah bengkoang dapat ditambahkan ke dalam salad, sup, atau tumisan. Buah bengkoang akan memberikan rasa manis dan segar pada makanan.

Tip 5: Konsumsi buah bengkoang secara teratur

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari buah bengkoang secara optimal, konsumsi buah bengkoang secara teratur, misalnya 2-3 kali seminggu.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat mengonsumsi buah bengkoang dengan aman dan mendapatkan manfaat kesehatannya secara maksimal.

Kesimpulan: Buah bengkoang merupakan buah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Dengan mengonsumsi buah bengkoang secara teratur, Anda dapat memperoleh berbagai manfaat kesehatan, seperti menjaga kesehatan kulit, meningkatkan kesehatan pencernaan, menurunkan kadar kolesterol, mengontrol tekanan darah, dan meningkatkan fungsi ginjal.

Kesimpulan

Buah bengkoang memiliki banyak manfaat kesehatan, antara lain menjaga kesehatan kulit, meningkatkan kesehatan pencernaan, menurunkan kadar kolesterol, mengontrol tekanan darah, dan meningkatkan fungsi ginjal. Manfaat-manfaat ini berasal dari kandungan nutrisi buah bengkoang, seperti vitamin C, kalium, serat, dan antioksidan.

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari buah bengkoang secara optimal, konsumsi buah bengkoang secara teratur, misalnya 2-3 kali seminggu. Buah bengkoang dapat dikonsumsi secara langsung, diolah menjadi jus, atau ditambahkan ke dalam salad dan makanan lainnya.

Dengan mengonsumsi buah bengkoang secara teratur, Anda dapat menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan dan terhindar dari berbagai penyakit kronis.

Youtube Video:

sddefault


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *