Belajar Pelajaran BTQ Kelas 4: Panduan Lengkap

Posted on

Belajar Pelajaran BTQ Kelas 4: Panduan Lengkap

Pelajaran BTQ (Baca Tulis Al-Qur’an) Kelas 4 merupakan mata pelajaran pendidikan agama Islam yang diberikan kepada siswa kelas 4 sekolah dasar di Indonesia. Mata pelajaran ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam membaca, menulis, dan memahami Al-Qur’an secara dasar.

Pelajaran BTQ Kelas 4 memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan akhlak siswa. Melalui pembelajaran BTQ, siswa diharapkan dapat memahami nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Al-Qur’an dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, pembelajaran BTQ juga dapat meningkatkan kecerdasan spiritual dan emosional siswa.

Dalam pembelajaran BTQ Kelas 4, siswa akan mempelajari berbagai materi, antara lain: huruf-huruf hijaiyah, cara membaca dan menulis Al-Qur’an, tajwid, dan hafalan surat-surat pendek. Pembelajaran BTQ juga dilengkapi dengan kegiatan praktik, seperti membaca Al-Qur’an secara bergantian, menghafal surat-surat pendek, dan menulis ayat-ayat Al-Qur’an.

Pelajaran BTQ Kelas 4

Pelajaran BTQ Kelas 4 merupakan mata pelajaran penting dalam pendidikan agama Islam di sekolah dasar. Mata pelajaran ini memiliki aspek-aspek penting yang saling terkait, antara lain:

  • Membaca Al-Qur’an
  • Menulis Al-Qur’an
  • Memahami Al-Qur’an
  • Menghafal surat-surat pendek
  • Menerapkan nilai-nilai Al-Qur’an
  • Meningkatkan kecerdasan spiritual
  • Membentuk karakter mulia
  • Mengembangkan akhlak terpuji

Semua aspek tersebut saling berkaitan dan membentuk kesatuan yang utuh dalam pembelajaran BTQ Kelas 4. Melalui pembelajaran BTQ, siswa diharapkan dapat menjadi generasi yang cinta Al-Qur’an, memahami nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya, dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, pembelajaran BTQ Kelas 4 memiliki peran penting dalam mempersiapkan siswa menjadi pribadi yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia.

Membaca Al-Qur’an

Membaca Al-Qur’an merupakan salah satu aspek terpenting dalam pelajaran BTQ Kelas 4. Melalui kegiatan membaca Al-Qur’an, siswa diharapkan dapat memahami dan menghayati isi kandungan Al-Qur’an.

  • Mengenal Huruf Hijaiyah

    Sebelum dapat membaca Al-Qur’an, siswa harus terlebih dahulu mengenal huruf-huruf hijaiyah. Huruf hijaiyah merupakan huruf-huruf yang digunakan untuk menulis Al-Qur’an. Dalam pelajaran BTQ Kelas 4, siswa akan belajar mengenal bentuk, nama, dan cara melafalkan huruf-huruf hijaiyah.

  • Membaca Kata dan Kalimat

    Setelah mengenal huruf hijaiyah, siswa akan belajar membaca kata-kata dan kalimat dalam Al-Qur’an. Siswa akan belajar menyambungkan huruf-huruf hijaiyah menjadi kata dan kalimat yang bermakna. Kegiatan ini akan membantu siswa meningkatkan kemampuan membaca dan memahami Al-Qur’an.

  • Menerapkan Tajwid

    Tajwid adalah ilmu tentang cara membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Dalam pelajaran BTQ Kelas 4, siswa akan belajar tentang tajwid, seperti cara melafalkan huruf-huruf hijaiyah, cara mewakafkan (menghentikan) bacaan, dan cara membaca panjang pendeknya bacaan. Menerapkan tajwid akan membantu siswa membaca Al-Qur’an dengan lebih fasih dan sesuai dengan kaidah-kaidah yang benar.

  • Menghafal Surat-surat Pendek

    Selain membaca Al-Qur’an, siswa juga akan belajar menghafal surat-surat pendek dalam Al-Qur’an. Menghafal surat-surat pendek akan membantu siswa lebih dekat dengan Al-Qur’an dan memahami isi kandungannya. Surat-surat pendek yang biasanya dihafalkan oleh siswa kelas 4 antara lain Surat Al-Fatihah, Surat Al-Ikhlas, Surat Al-Falaq, dan Surat An-Nas.

Dengan menguasai aspek membaca Al-Qur’an, siswa diharapkan dapat memahami dan menghayati isi kandungan Al-Qur’an. Hal ini akan membantu siswa menjadi pribadi yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia.

Menulis Al-Qur’an

Menulis Al-Qur’an merupakan salah satu aspek penting dalam pelajaran BTQ Kelas 4. Melalui kegiatan menulis Al-Qur’an, siswa diharapkan dapat memahami dan menghayati isi kandungan Al-Qur’an, serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

  • Meningkatkan Kemampuan Menulis

    Menulis Al-Qur’an dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan menulis mereka. Dengan menulis huruf-huruf hijaiyah dan menyusunnya menjadi kata dan kalimat, siswa dapat melatih keterampilan motorik halus mereka dan meningkatkan koordinasi tangan-mata mereka.

  • Memahami Isi Kandungan Al-Qur’an

    Saat menulis Al-Qur’an, siswa akan lebih fokus pada setiap huruf dan kata yang mereka tulis. Hal ini akan membantu siswa memahami isi kandungan Al-Qur’an dengan lebih baik. Selain itu, dengan menulis Al-Qur’an secara berulang, siswa akan lebih mudah menghafal ayat-ayat Al-Qur’an.

  • Menghayati Nilai-nilai Al-Qur’an

    Saat menulis Al-Qur’an, siswa tidak hanya sekedar menuliskan huruf dan kata, tetapi juga menghayati nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Dengan merenungkan setiap ayat yang mereka tulis, siswa dapat memahami pesan-pesan moral dan spiritual yang ingin disampaikan oleh Al-Qur’an.

  • Menerapkan Nilai-nilai Al-Qur’an

    Setelah memahami dan menghayati nilai-nilai Al-Qur’an, siswa diharapkan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Menulis Al-Qur’an dapat menjadi pengingat bagi siswa untuk selalu berbuat baik, jujur, dan adil, sesuai dengan ajaran Al-Qur’an.

Dengan menguasai aspek menulis Al-Qur’an, siswa diharapkan dapat memahami dan menghayati isi kandungan Al-Qur’an, serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini akan membantu siswa menjadi pribadi yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia.

Memahami Al-Qur’an

Memahami Al-Qur’an merupakan salah satu aspek penting dalam pelajaran BTQ Kelas 4. Melalui kegiatan memahami Al-Qur’an, siswa diharapkan dapat memahami dan menghayati isi kandungan Al-Qur’an, serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

  • Mengenal Isi Kandungan Al-Qur’an

    Siswa akan belajar tentang isi kandungan Al-Qur’an, seperti sejarah para nabi, kisah-kisah teladan, ajaran tentang akidah, ibadah, dan akhlak. Memahami isi kandungan Al-Qur’an akan membantu siswa memahami ajaran Islam secara lebih komprehensif.

  • Memahami Pesan-pesan Moral dan Spiritual

    Al-Qur’an banyak mengandung pesan-pesan moral dan spiritual yang dapat dijadikan pedoman hidup. Dalam pelajaran BTQ Kelas 4, siswa akan belajar memahami pesan-pesan tersebut dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, siswa akan belajar tentang pentingnya kejujuran, keadilan, dan kasih sayang.

  • Menganalisis Ayat-ayat Al-Qur’an

    Siswa akan belajar menganalisis ayat-ayat Al-Qur’an untuk memahami maksud dan tujuannya. Kegiatan ini akan membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan analitis mereka. Selain itu, siswa juga akan belajar tentang metode penafsiran Al-Qur’an yang benar.

  • Menghayati Nilai-nilai Al-Qur’an

    Setelah memahami isi kandungan dan pesan-pesan Al-Qur’an, siswa diharapkan dapat menghayati nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Siswa akan belajar tentang nilai-nilai luhur, seperti keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia. Menghayati nilai-nilai Al-Qur’an akan membantu siswa membentuk karakter dan kepribadian yang baik.

Dengan menguasai aspek memahami Al-Qur’an, siswa diharapkan dapat memahami dan menghayati isi kandungan Al-Qur’an, serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini akan membantu siswa menjadi pribadi yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia.

Menghafal Surat-surat Pendek

Menghafal surat-surat pendek merupakan salah satu aspek penting dalam pelajaran BTQ Kelas 4. Hal ini karena menghafal surat-surat pendek memiliki banyak manfaat, baik untuk siswa maupun untuk kehidupan sehari-hari.

Bagi siswa, menghafal surat-surat pendek dapat melatih daya ingat dan konsentrasi. Selain itu, menghafal surat-surat pendek juga dapat membantu siswa memahami isi kandungan Al-Qur’an dengan lebih baik. Sebab, banyak surat-surat pendek yang mengandung pesan-pesan moral dan spiritual yang penting.

Dalam kehidupan sehari-hari, menghafal surat-surat pendek dapat bermanfaat sebagai berikut:

  • Menjadi doa dan dzikir harian. Banyak surat-surat pendek yang berisi doa-doa dan dzikir yang dapat diamalkan sehari-hari, seperti Surat Al-Fatihah, Surat Al-Ikhlas, dan Surat Al-Falaq.
  • Memperoleh pahala. Menghafal surat-surat pendek dapat menjadi salah satu cara untuk memperoleh pahala dari Allah SWT. Sebab, menghafal Al-Qur’an merupakan salah satu amal ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam.
  • Menjadi bekal di akhirat. Surat-surat pendek yang dihafal semasa hidup akan menjadi bekal di akhirat nanti. Sebab, setiap huruf Al-Qur’an yang dibaca akan dibalas dengan sepuluh kebaikan.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa menghafal surat-surat pendek merupakan aspek penting dalam pelajaran BTQ Kelas 4 yang memiliki banyak manfaat, baik untuk siswa maupun untuk kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi siswa untuk menghafal surat-surat pendek sebanyak-banyaknya.

Menerapkan nilai-nilai Al-Qur’an

Dalam pelajaran BTQ Kelas 4, siswa tidak hanya belajar membaca, menulis, dan memahami Al-Qur’an, tetapi juga belajar menerapkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Hal ini merupakan aspek penting dalam pendidikan agama Islam, karena nilai-nilai Al-Qur’an dapat menjadi pedoman hidup yang baik bagi siswa.

  • Kejujuran

    Al-Qur’an mengajarkan nilai kejujuran dalam segala aspek kehidupan. Siswa dapat menerapkan nilai kejujuran dalam kehidupan sehari-hari, seperti tidak berbohong, tidak mencuri, dan tidak menyontek. Dengan menerapkan nilai kejujuran, siswa akan menjadi pribadi yang dapat dipercaya dan dihormati.

  • Keadilan

    Al-Qur’an juga mengajarkan nilai keadilan. Siswa dapat menerapkan nilai keadilan dalam kehidupan sehari-hari, seperti tidak pilih kasih, tidak memihak, dan tidak berbuat zalim. Dengan menerapkan nilai keadilan, siswa akan menjadi pribadi yang adil dan bijaksana.

  • Tanggung jawab

    Al-Qur’an menekankan pentingnya tanggung jawab. Siswa dapat menerapkan nilai tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari, seperti mengerjakan tugas dengan baik, menjaga kebersihan lingkungan, dan menghormati orang tua. Dengan menerapkan nilai tanggung jawab, siswa akan menjadi pribadi yang dapat diandalkan dan bermanfaat bagi masyarakat.

  • Kerja sama

    Al-Qur’an menganjurkan nilai kerja sama. Siswa dapat menerapkan nilai kerja sama dalam kehidupan sehari-hari, seperti bekerja sama dalam mengerjakan tugas kelompok, membantu teman yang kesulitan, dan bergotong royong membersihkan lingkungan. Dengan menerapkan nilai kerja sama, siswa akan menjadi pribadi yang mudah bergaul dan dapat bekerja sama dengan baik.

Dengan menerapkan nilai-nilai Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari, siswa akan menjadi pribadi yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia. Hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan agama Islam, yaitu membentuk generasi muda yang memiliki karakter mulia dan siap menjadi pemimpin masa depan.

Meningkatkan Kecerdasan Spiritual

Pelajaran BTQ Kelas 4 memainkan peran penting dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa. Kecerdasan spiritual adalah kemampuan untuk memahami dan menghayati nilai-nilai spiritual, serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Melalui pembelajaran BTQ, siswa akan belajar tentang nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Al-Qur’an, seperti kejujuran, keadilan, tanggung jawab, dan kasih sayang. Siswa juga akan belajar tentang kisah-kisah teladan dalam Al-Qur’an, yang dapat menginspirasi mereka untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Meningkatkan kecerdasan spiritual sangat penting bagi siswa, karena akan membantu mereka menjadi pribadi yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia. Siswa yang memiliki kecerdasan spiritual yang tinggi akan lebih mudah memahami tujuan hidup mereka dan akan lebih mampu mengatasi tantangan hidup dengan cara yang positif. Selain itu, kecerdasan spiritual juga akan membantu siswa menjadi pribadi yang lebih bijaksana, lebih peka terhadap kebutuhan orang lain, dan lebih mampu berkontribusi kepada masyarakat.

Salah satu contoh nyata manfaat meningkatkan kecerdasan spiritual melalui pelajaran BTQ Kelas 4 adalah kisah seorang siswa yang bernama Budi. Budi dulunya adalah siswa yang pemarah dan sering berkelahi dengan teman-temannya. Namun, setelah mengikuti pelajaran BTQ, Budi mulai memahami nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Al-Qur’an. Ia belajar tentang pentingnya memaafkan dan mengasihi orang lain. Sejak saat itu, Budi menjadi siswa yang lebih baik dan lebih disukai oleh teman-temannya.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa pelajaran BTQ Kelas 4 memiliki peran penting dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa. Kecerdasan spiritual sangat penting bagi siswa, karena akan membantu mereka menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih bermanfaat bagi masyarakat.

Membentuk Karakter Mulia

Pelajaran BTQ Kelas 4 memiliki peran penting dalam membentuk karakter mulia siswa. Melalui pembelajaran BTQ, siswa akan belajar tentang nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Al-Qur’an, seperti kejujuran, keadilan, tanggung jawab, dan kasih sayang.

  • Kejujuran

    Siswa yang jujur akan dihormati dan dipercaya oleh orang lain. Kejujuran juga merupakan salah satu sifat yang penting bagi seorang muslim, karena merupakan cerminan dari keimanan kepada Allah SWT.

  • Keadilan

    Siswa yang adil akan selalu berusaha untuk bersikap objektif dan tidak memihak. Keadilan juga merupakan salah satu sifat yang penting bagi seorang pemimpin, karena dapat menciptakan masyarakat yang harmonis.

  • Tanggung Jawab

    Siswa yang bertanggung jawab akan selalu berusaha untuk menyelesaikan tugasnya dengan baik. Tanggung jawab juga merupakan salah satu sifat yang penting bagi seorang muslim, karena merupakan cerminan dari keimanan kepada hari akhir.

  • Kasih Sayang

    Siswa yang memiliki kasih sayang akan selalu berusaha untuk membantu orang lain. Kasih sayang juga merupakan salah satu sifat yang penting bagi seorang muslim, karena merupakan cerminan dari keimanan kepada Allah SWT.

Dengan mengamalkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Al-Qur’an, siswa dapat membentuk karakter mulia. Karakter mulia akan membuat siswa menjadi pribadi yang baik, bermanfaat bagi masyarakat, dan dicintai oleh Allah SWT.

Mengembangkan akhlak terpuji

Mengembangkan akhlak terpuji merupakan salah satu tujuan penting dari pelajaran BTQ Kelas 4. Akhlak terpuji merupakan cerminan dari keimanan seorang muslim. Akhlak terpuji juga dapat menciptakan lingkungan yang harmonis dan sejahtera dalam masyarakat.

Pelajaran BTQ Kelas 4 mengajarkan siswa tentang nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Al-Qur’an. Nilai-nilai tersebut, seperti kejujuran, keadilan, tanggung jawab, dan kasih sayang, merupakan dasar dari akhlak terpuji. Dengan memahami dan mengamalkan nilai-nilai tersebut, siswa dapat mengembangkan akhlak terpuji dalam kehidupan sehari-hari.

Misalnya, dengan memahami nilai kejujuran, siswa akan terbiasa untuk berkata jujur dan tidak berbohong. Dengan memahami nilai keadilan, siswa akan terbiasa untuk bersikap adil dan tidak memihak. Dengan memahami nilai tanggung jawab, siswa akan terbiasa untuk menyelesaikan tugasnya dengan baik dan tepat waktu. Dan dengan memahami nilai kasih sayang, siswa akan terbiasa untuk membantu orang lain dan bersikap baik kepada semua makhluk hidup.

Dengan demikian, pelajaran BTQ Kelas 4 memiliki peran penting dalam mengembangkan akhlak terpuji pada siswa. Akhlak terpuji akan membuat siswa menjadi pribadi yang baik, bermanfaat bagi masyarakat, dan dicintai oleh Allah SWT.

Tanya Jawab Umum tentang Pelajaran BTQ Kelas 4

Berikut adalah beberapa tanya jawab umum tentang pelajaran BTQ Kelas 4:

Pertanyaan 1: Apa tujuan dari pelajaran BTQ Kelas 4?

Tujuan dari pelajaran BTQ Kelas 4 adalah untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam membaca, menulis, dan memahami Al-Qur’an secara dasar. Selain itu, pelajaran BTQ juga bertujuan untuk membentuk karakter dan akhlak siswa berdasarkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Al-Qur’an.

Pertanyaan 2: Apa saja materi yang dipelajari dalam pelajaran BTQ Kelas 4?

Dalam pelajaran BTQ Kelas 4, siswa akan mempelajari berbagai materi, antara lain: huruf-huruf hijaiyah, cara membaca dan menulis Al-Qur’an, tajwid, dan hafalan surat-surat pendek.

Pertanyaan 3: Apa manfaat mempelajari pelajaran BTQ?

Mempelajari pelajaran BTQ memiliki banyak manfaat, antara lain: dapat memahami dan menghayati isi kandungan Al-Qur’an, dapat menerapkan nilai-nilai luhur Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari, dapat meningkatkan kecerdasan spiritual, dapat membentuk karakter mulia, dan dapat mengembangkan akhlak terpuji.

Pertanyaan 4: Bagaimana cara belajar pelajaran BTQ dengan efektif?

Untuk belajar pelajaran BTQ dengan efektif, siswa dapat mengikuti beberapa tips berikut: belajar secara rutin, membaca Al-Qur’an dengan tartil (pelan dan jelas), menghafal surat-surat pendek secara bertahap, dan mengamalkan nilai-nilai Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

Pertanyaan 5: Apa saja kendala yang dihadapi dalam pembelajaran BTQ?

Beberapa kendala yang dihadapi dalam pembelajaran BTQ antara lain: kurangnya minat siswa, kurangnya kemampuan dasar siswa, dan kurangnya sarana dan prasarana pembelajaran.

Pertanyaan 6: Bagaimana mengatasi kendala dalam pembelajaran BTQ?

Untuk mengatasi kendala dalam pembelajaran BTQ, dapat dilakukan beberapa upaya, antara lain: meningkatkan motivasi siswa, memberikan bimbingan dan remedial bagi siswa yang kesulitan, dan melengkapi sarana dan prasarana pembelajaran.

Demikian beberapa tanya jawab umum tentang pelajaran BTQ Kelas 4. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

  • [Artikel terkait 1]
  • [Artikel terkait 2]
  • [Artikel terkait 3]

Tips Belajar Pelajaran BTQ Kelas 4

Pelajaran BTQ (Baca Tulis Al-Qur’an) Kelas 4 merupakan mata pelajaran penting dalam pendidikan agama Islam di sekolah dasar. Untuk mencapai hasil belajar yang optimal, diperlukan beberapa tips belajar yang efektif. Berikut adalah beberapa tips yang dapat diterapkan:

Tip 1: Belajar secara rutin
Belajarlah secara rutin setiap hari, meskipun hanya dalam waktu singkat. Belajar secara rutin akan membantu siswa lebih mudah memahami dan menghafal materi pelajaran.

Tip 2: Baca Al-Qur’an dengan tartil
Bacalah Al-Qur’an dengan tartil, yaitu dengan pelan dan jelas. Hal ini akan membantu siswa lebih mudah memahami isi kandungan Al-Qur’an dan meningkatkan kefasihan dalam membaca.

Tip 3: Hafalkan surat-surat pendek secara bertahap
Hafalkan surat-surat pendek secara bertahap. Mulailah dengan surat-surat yang pendek dan mudah dihafal, seperti Surat Al-Fatihah, Surat Al-Ikhlas, dan Surat Al-Falaq. Setelah hafal, lanjutkan dengan surat-surat yang lebih panjang.

Tip 4: Amalkan nilai-nilai Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari
Amalkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini akan membantu siswa memahami makna dan tujuan dari mempelajari Al-Qur’an.

Tip 5: Ikuti bimbingan guru dan orang tua
Ikuti bimbingan guru dan orang tua dalam belajar pelajaran BTQ. Mereka dapat memberikan arahan dan dukungan yang diperlukan untuk mencapai hasil belajar yang optimal.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, siswa diharapkan dapat belajar pelajaran BTQ Kelas 4 dengan lebih efektif dan mencapai hasil belajar yang optimal.

Baca juga:

  • [Artikel terkait 1]
  • [Artikel terkait 2]
  • [Artikel terkait 3]

Kesimpulan

Pelajaran BTQ (Baca Tulis Al-Qur’an) Kelas 4 merupakan mata pelajaran penting dalam pendidikan agama Islam di sekolah dasar. Melalui pembelajaran BTQ, siswa diharapkan dapat memahami dan menghayati isi kandungan Al-Qur’an, serta menerapkan nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya dalam kehidupan sehari-hari.

Pembelajaran BTQ Kelas 4 memiliki banyak manfaat, antara lain: meningkatkan kecerdasan spiritual, membentuk karakter mulia, mengembangkan akhlak terpuji, dan mempersiapkan siswa menjadi pribadi yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia. Oleh karena itu, sangat penting bagi siswa untuk mengikuti pembelajaran BTQ dengan baik dan mengamalkan nilai-nilai Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

Youtube Video:

sddefault


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *