Belajar Fiqih Kelas 4: Panduan Lengkap untuk Anak Muslim

Posted on

Belajar Fiqih Kelas 4: Panduan Lengkap untuk Anak Muslim


Pelajaran Fiqih Kelas 4 adalah mata pelajaran yang mempelajari tentang hukum-hukum Islam yang mengatur kehidupan sehari-hari umat Islam. Pelajaran ini diajarkan di sekolah-sekolah dasar Islam pada umumnya.

Pelajaran fiqih sangat penting bagi umat Islam karena memberikan pemahaman tentang cara menjalankan ajaran Islam dengan benar. Dengan mempelajari fiqih, siswa akan mengetahui tentang kewajiban-kewajiban sebagai seorang muslim, seperti shalat, puasa, zakat, dan haji. Selain itu, fiqih juga mengajarkan tentang akhlak dan moral yang baik, seperti kejujuran, amanah, dan tolong-menolong.

Pelajaran fiqih juga memiliki sejarah yang panjang. Sejak zaman Nabi Muhammad SAW, fiqih telah dipelajari dan diajarkan oleh para ulama. Seiring dengan perkembangan zaman, fiqih terus berkembang dan disesuaikan dengan kebutuhan umat Islam. Saat ini, fiqih telah menjadi salah satu disiplin ilmu yang penting dalam Islam.

Pelajaran Fiqih Kelas 4

Pelajaran fiqih kelas 4 merupakan dasar penting bagi pendidikan agama Islam. Memahaminya memerlukan penelaahan berbagai aspek:

  • Kewajiban Muslim
  • Hukum Ibadah
  • Muamalah Harian
  • Akhlak Terpuji
  • Sejarah Islam
  • Fikih Kontemporer
  • Metodologi Fiqih
  • Ulama Fiqih
  • Mazhab Fiqih
  • Fiqih Perbandingan

Menguasai aspek-aspek ini memungkinkan pemahaman komprehensif tentang fiqih. Melalui kewajiban Muslim, kita belajar tentang perintah dan larangan agama. Hukum ibadah menuntun tata cara beribadah sesuai syariat. Muamalah harian mengatur interaksi sosial dan ekonomi. Akhlak terpuji membentuk karakter mulia. Sejarah Islam memberikan konteks perkembangan fiqih. Fikih kontemporer menjawab tantangan zaman. Metodologi fiqih mengungkap kaidah-kaidah penetapan hukum. Ulama fiqih adalah tokoh-tokoh berpengaruh dalam pengembangan fiqih. Mazhab fiqih menunjukkan keragaman interpretasi hukum. Fiqih perbandingan menganalisis persamaan dan perbedaan antar mazhab.

Kewajiban Muslim

Kewajiban Muslim merupakan landasan utama dalam pelajaran fiqih kelas 4. Memahami kewajiban sebagai seorang Muslim adalah kunci dalam mengamalkan ajaran Islam secara keseluruhan.

  • Ibadah Mahdhah

    Ibadah mahdhah adalah kewajiban yang berhubungan langsung dengan penghambaan kepada Allah SWT, seperti shalat, puasa, zakat, dan haji. Dalam fiqih, siswa akan mempelajari tata cara pelaksanaan ibadah-ibadah tersebut sesuai dengan tuntunan syariat.

  • Ibadah Ghairu Mahdhah

    Ibadah ghairu mahdhah adalah kewajiban yang berhubungan dengan sesama manusia, seperti berbuat baik kepada orang tua, menyayangi anak, dan tolong-menolong. Fiqih mengajarkan tentang norma-norma dan etika dalam berinteraksi sosial sesuai dengan ajaran Islam.

  • Muamalah

    Muamalah adalah kewajiban yang mengatur hubungan ekonomi dan sosial dalam kehidupan bermasyarakat. Fiqih mengajarkan tentang hukum-hukum jual beli, sewa-menyewa, utang-piutang, dan lain sebagainya.

  • Akhlak

    Akhlak adalah kewajiban yang mengatur perilaku dan sikap seorang Muslim. Fiqih mengajarkan tentang sifat-sifat terpuji yang harus dimiliki oleh seorang Muslim, seperti jujur, amanah, dan sabar.

Dengan memahami kewajiban-kewajiban sebagai seorang Muslim, siswa dapat mengamalkan ajaran Islam dengan benar dan menjadi pribadi yang berakhlak mulia.

Hukum Ibadah

Hukum ibadah merupakan bagian penting dalam pelajaran fiqih kelas 4. Hukum ibadah mengatur tata cara pelaksanaan ibadah-ibadah yang wajib dilakukan oleh umat Islam, seperti shalat, puasa, zakat, dan haji.

  • Sholat

    Sholat adalah ibadah wajib yang dilakukan lima waktu dalam sehari. Dalam fiqih, siswa akan mempelajari tata cara sholat yang benar, mulai dari niat hingga salam. Selain itu, fiqih juga mengajarkan tentang syarat dan rukun sholat, serta hal-hal yang membatalkan sholat.

  • Puasa

    Puasa adalah ibadah wajib yang dilakukan selama bulan Ramadhan. Dalam fiqih, siswa akan mempelajari tata cara puasa yang benar, mulai dari niat hingga berbuka. Selain itu, fiqih juga mengajarkan tentang syarat dan rukun puasa, serta hal-hal yang membatalkan puasa.

  • Zakat

    Zakat adalah ibadah wajib yang berupa mengeluarkan sebagian harta tertentu untuk diberikan kepada orang-orang yang berhak menerimanya. Dalam fiqih, siswa akan mempelajari jenis-jenis harta yang wajib dizakati, nisab dan kadar zakat, serta tata cara pendistribusian zakat.

  • Haji

    Haji adalah ibadah wajib yang dilakukan sekali seumur hidup bagi umat Islam yang mampu. Dalam fiqih, siswa akan mempelajari tata cara haji yang benar, mulai dari ihram hingga tahallul. Selain itu, fiqih juga mengajarkan tentang syarat dan rukun haji, serta hal-hal yang wajib dilakukan selama haji.

Dengan mempelajari hukum ibadah, siswa dapat melaksanakan ibadah-ibadah wajib dengan benar dan sesuai dengan tuntunan syariat Islam.

Muamalah Harian

Muamalah harian merupakan bagian penting dalam pelajaran fiqih kelas 4. Muamalah harian mengatur hubungan ekonomi dan sosial dalam kehidupan bermasyarakat, sehingga memiliki pengaruh yang besar dalam kehidupan sehari-hari umat Islam.

  • Jual Beli

    Dalam jual beli, fiqih mengatur tentang syarat dan rukun jual beli, jenis-jenis jual beli, serta hal-hal yang diharamkan dalam jual beli. Pemahaman tentang hukum jual beli sangat penting untuk menghindari transaksi yang tidak sesuai dengan syariat Islam.

  • Sewa-Menyewa

    Sewa-menyewa juga diatur dalam fiqih. Fiqih mengatur tentang syarat dan rukun sewa-menyewa, jenis-jenis sewa-menyewa, serta hak dan kewajiban pihak yang terlibat dalam sewa-menyewa. Pemahaman tentang hukum sewa-menyewa sangat penting untuk menghindari perselisihan di kemudian hari.

  • Utang-Piutang

    Utang-piutang juga diatur dalam fiqih. Fiqih mengatur tentang syarat dan rukun utang-piutang, jenis-jenis utang-piutang, serta cara penyelesaian utang-piutang. Pemahaman tentang hukum utang-piutang sangat penting untuk menghindari masalah dalam urusan keuangan.

  • Wakaf dan Hibah

    Wakaf dan hibah juga diatur dalam fiqih. Fiqih mengatur tentang syarat dan rukun wakaf dan hibah, jenis-jenis wakaf dan hibah, serta tata cara pengelolaan wakaf dan hibah. Pemahaman tentang hukum wakaf dan hibah sangat penting untuk mengelola harta benda sesuai dengan syariat Islam.

Dengan mempelajari muamalah harian, siswa dapat memahami dan mengamalkan hukum-hukum Islam dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini akan membantu siswa menjadi pribadi yang berakhlak mulia dan bertanggung jawab dalam bermuamalah dengan sesama.

Akhlak Terpuji

Akhlak terpuji merupakan bagian penting dari pelajaran fiqih kelas 4. Akhlak terpuji adalah sifat-sifat baik yang harus dimiliki oleh seorang muslim, seperti jujur, amanah, sabar, dan tolong-menolong. Fiqih mengajarkan tentang pentingnya akhlak terpuji dalam kehidupan sehari-hari dan bagaimana cara mengamalkannya.

Ada banyak contoh akhlak terpuji yang diajarkan dalam fiqih. Misalnya, fiqih mengajarkan tentang pentingnya jujur dalam segala hal, baik dalam perkataan maupun perbuatan. Fiqih juga mengajarkan tentang pentingnya amanah, yaitu dapat dipercaya dalam menjaga sesuatu yang dititipkan kepada kita. Selain itu, fiqih juga mengajarkan tentang pentingnya sabar dalam menghadapi cobaan dan kesulitan hidup.

Mempelajari akhlak terpuji dalam fiqih sangat penting untuk membentuk karakter seorang muslim yang baik. Akhlak terpuji akan membuat seorang muslim menjadi pribadi yang disukai oleh Allah SWT dan oleh sesama manusia. Akhlak terpuji juga akan membuat seorang muslim menjadi pribadi yang sukses dalam hidup, baik di dunia maupun di akhirat.

Sejarah Islam

Sejarah Islam memiliki hubungan yang erat dengan pelajaran fiqih kelas 4. Fiqih merupakan ilmu yang mempelajari hukum-hukum Islam yang mengatur kehidupan sehari-hari umat Islam. Hukum-hukum tersebut tidak dapat dipisahkan dari sejarah Islam, karena banyak hukum yang lahir sebagai respons terhadap peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam sejarah Islam.

Sebagai contoh, hukum tentang jihad lahir sebagai respons terhadap peperangan yang dilakukan oleh kaum kafir terhadap umat Islam pada masa awal Islam. Hukum tentang zakat lahir sebagai respons terhadap kebutuhan umat Islam yang miskin dan membutuhkan. Hukum tentang haji lahir sebagai respons terhadap perintah Allah SWT kepada Nabi Ibrahim untuk melaksanakan ibadah haji.

Dengan mempelajari sejarah Islam, siswa dapat memahami latar belakang dan alasan di balik hukum-hukum fiqih. Hal ini akan membantu siswa untuk mengamalkan hukum-hukum fiqih dengan lebih baik dan benar. Selain itu, mempelajari sejarah Islam juga dapat menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap agama Islam.

Fikih Kontemporer

Fikih kontemporer merupakan bagian dari pelajaran fiqih kelas 4 yang membahas hukum-hukum Islam yang berkaitan dengan perkembangan zaman dan teknologi modern. Fikih kontemporer sangat penting dipelajari karena memberikan panduan bagi umat Islam untuk menghadapi berbagai tantangan dan permasalahan yang muncul di era modern.

  • Menetapkan Hukum Baru

    Fikih kontemporer dapat menetapkan hukum baru untuk menjawab permasalahan yang tidak ada dalam sumber hukum Islam klasik. Sebagai contoh, fatwa tentang penggunaan internet dan media sosial, penggunaan teknologi reproduksi buatan, dan transaksi ekonomi digital.

  • Mereinterpretasi Hukum Klasik

    Fikih kontemporer juga dapat mereinterpretasi hukum klasik agar sesuai dengan perkembangan zaman. Sebagai contoh, hukum tentang perbankan syariah yang dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip syariah klasik tentang jual beli dan bagi hasil.

  • Menyesuaikan Hukum dengan Konteks Lokal

    Fikih kontemporer juga dapat menyesuaikan hukum Islam dengan konteks lokal dan budaya. Sebagai contoh, pengembangan hukum keluarga Islam di Indonesia yang disesuaikan dengan adat dan kebiasaan masyarakat setempat.

  • Memadukan Hukum Islam dengan Hukum Positif

    Fikih kontemporer dapat memadukan hukum Islam dengan hukum positif yang berlaku di suatu negara. Sebagai contoh, pengembangan hukum pidana Islam di Aceh yang memadukan hukum Islam dengan hukum pidana Indonesia.

Dengan mempelajari fikih kontemporer, siswa dapat memahami bagaimana hukum Islam dapat diterapkan dalam kehidupan modern. Hal ini akan membantu siswa untuk menjadi muslim yang berpegang teguh pada ajaran Islam sekaligus mampu menghadapi tantangan zaman.

Metodologi Fiqih

Metodologi fiqih adalah ilmu yang mempelajari cara-cara untuk menetapkan hukum Islam. Ilmu ini sangat penting dalam pelajaran fiqih kelas 4, karena memberikan bekal bagi siswa untuk memahami bagaimana hukum-hukum Islam itu ditetapkan.

Dalam metodologi fiqih, siswa akan mempelajari berbagai sumber hukum Islam, seperti Al-Qur’an, Hadis, Ijma’, dan Qiyas. Siswa juga akan mempelajari kaidah-kaidah yang digunakan untuk menetapkan hukum dari sumber-sumber tersebut.

Penguasaan metodologi fiqih akan sangat membantu siswa dalam memahami dan mengamalkan ajaran Islam. Dengan memahami metodologi fiqih, siswa akan dapat mengetahui alasan di balik hukum-hukum Islam, sehingga mereka dapat mengamalkannya dengan lebih baik.

Selain itu, metodologi fiqih juga akan membantu siswa untuk menghadapi berbagai tantangan dan permasalahan yang muncul di era modern. Dengan memahami metodologi fiqih, siswa akan dapat mengembangkan hukum-hukum baru yang sesuai dengan perkembangan zaman, tanpa meninggalkan prinsip-prinsip dasar Islam.

Ulama Fiqih

Dalam pelajaran fiqih kelas 4, ulama fiqih memegang peranan penting sebagai referensi dan sumber ilmu pengetahuan agama Islam. Ulama fiqih adalah sebutan bagi para ahli di bidang fiqih, yaitu ilmu yang mempelajari hukum-hukum Islam.

  • Perumus Hukum Islam
    Ulama fiqih bertugas merumuskan hukum-hukum Islam berdasarkan sumber-sumber hukum yang diakui, seperti Al-Qur’an, Hadis, Ijma’, dan Qiyas. Mereka menggunakan metodologi fiqih untuk menggali dan menetapkan hukum-hukum tersebut.
  • Sumber Pengetahuan Fiqih
    Karya-karya ulama fiqih menjadi sumber pengetahuan fiqih yang sangat berharga. Kitab-kitab fiqih yang mereka tulis berisi kumpulan hukum-hukum Islam yang telah dirumuskan dan dikodifikasikan. Kitab-kitab ini menjadi rujukan bagi umat Islam dalam memahami dan mengamalkan ajaran Islam.
  • Penafsir Hukum Islam
    Ulama fiqih juga berperan sebagai penafsir hukum Islam. Mereka menjelaskan makna dan maksud dari hukum-hukum Islam yang telah dirumuskan. Penafsiran mereka membantu umat Islam untuk memahami dan mengamalkan hukum-hukum Islam dengan benar.
  • Pembaharu Hukum Islam
    Dalam perkembangannya, ulama fiqih juga berperan sebagai pembaharu hukum Islam. Mereka menyesuaikan hukum-hukum Islam dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat. Pembaruan hukum Islam dilakukan dengan tetap berpegang pada prinsip-prinsip dasar Islam.

Dengan mempelajari tentang ulama fiqih, siswa kelas 4 dapat memahami bagaimana hukum-hukum Islam dirumuskan, diinterpretasikan, dan diperbarui. Hal ini akan membantu mereka untuk memahami dan mengamalkan ajaran Islam dengan lebih baik.

Mazhab Fiqih

Mazhab fiqih merupakan salah satu komponen penting dalam pelajaran fiqih kelas 4. Mazhab fiqih adalah aliran pemikiran dalam Islam yang memiliki pandangan dan metodologi tersendiri dalam menetapkan hukum Islam. Dalam pelajaran fiqih kelas 4, siswa akan mempelajari tentang berbagai mazhab fiqih yang ada, seperti mazhab Hanafi, Maliki, Syafi’i, dan Hanbali.

Mempelajari mazhab fiqih sangat penting karena memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang hukum Islam. Setiap mazhab memiliki pandangan dan metodologi yang berbeda dalam memahami sumber-sumber hukum Islam, sehingga menghasilkan perbedaan pendapat dalam menetapkan hukum. Dengan mempelajari mazhab fiqih, siswa dapat memahami perbedaan pendapat tersebut dan memilih pendapat yang paling sesuai dengan pemahaman mereka.

Selain itu, mempelajari mazhab fiqih juga dapat membantu siswa dalam memahami perkembangan hukum Islam sepanjang sejarah. Mazhab fiqih telah berkembang dan berubah seiring dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat. Dengan mempelajari mazhab fiqih, siswa dapat memahami bagaimana hukum Islam dapat beradaptasi dengan perubahan zaman tanpa meninggalkan prinsip-prinsip dasarnya.

Fiqih Perbandingan

Fiqih perbandingan merupakan cabang ilmu fiqih yang mempelajari persamaan dan perbedaan pendapat di antara berbagai mazhab fiqih dalam menetapkan hukum Islam. Fiqih perbandingan sangat penting dalam pelajaran fiqih kelas 4 karena memberikan pemahaman yang komprehensif tentang keragaman pendapat dalam hukum Islam.

Dengan mempelajari fiqih perbandingan, siswa dapat memahami bahwa hukum Islam tidak bersifat tunggal dan mutlak. Ada perbedaan pendapat di antara para ulama dalam menetapkan hukum, dan perbedaan pendapat tersebut didasarkan pada perbedaan pemahaman terhadap sumber-sumber hukum Islam. Fiqih perbandingan mengajarkan siswa untuk menghargai perbedaan pendapat dan untuk dapat memilih pendapat yang paling sesuai dengan pemahaman mereka.

Selain itu, fiqih perbandingan juga dapat membantu siswa dalam memahami perkembangan hukum Islam sepanjang sejarah. Hukum Islam telah berkembang dan berubah seiring dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat. Dengan mempelajari fiqih perbandingan, siswa dapat memahami bagaimana para ulama menyesuaikan hukum Islam dengan perubahan zaman tanpa meninggalkan prinsip-prinsip dasarnya.

Pertanyaan Umum tentang Pelajaran Fiqih Kelas 4

Pelajaran fiqih merupakan mata pelajaran penting bagi siswa kelas 4 dalam memahami hukum-hukum Islam. Berikut adalah beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan terkait pelajaran fiqih kelas 4:

Pertanyaan 1: Apa tujuan mempelajari fiqih?

Tujuan mempelajari fiqih adalah untuk memahami dan mengamalkan hukum-hukum Islam dalam kehidupan sehari-hari. Fiqih memberikan panduan bagi umat Islam tentang cara beribadah, bermuamalah, dan berperilaku sesuai dengan ajaran Islam.

Pertanyaan 2: Apa saja materi yang dipelajari dalam fiqih kelas 4?

Materi yang dipelajari dalam fiqih kelas 4 meliputi kewajiban seorang muslim, hukum ibadah, muamalah harian, akhlak terpuji, sejarah Islam, fikih kontemporer, metodologi fiqih, ulama fiqih, mazhab fiqih, dan fiqih perbandingan.

Pertanyaan 3: Mengapa penting mempelajari sejarah Islam dalam fiqih?

Sejarah Islam penting dipelajari dalam fiqih karena banyak hukum Islam yang lahir sebagai respons terhadap peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam sejarah Islam. Dengan mempelajari sejarah Islam, siswa dapat memahami latar belakang dan alasan di balik hukum-hukum fiqih.

Pertanyaan 4: Bagaimana fikih dapat diaplikasikan dalam kehidupan modern?

Fikih kontemporer berperan penting dalam mengaplikasikan hukum Islam dalam kehidupan modern. Fikih kontemporer dapat menetapkan hukum baru, mereinterpretasi hukum klasik, menyesuaikan hukum dengan konteks lokal, dan memadukan hukum Islam dengan hukum positif.

Pertanyaan 5: Mengapa ada perbedaan pendapat di antara ulama fiqih?

Perbedaan pendapat di antara ulama fiqih terjadi karena adanya perbedaan pemahaman terhadap sumber-sumber hukum Islam dan metodologi yang digunakan dalam menetapkan hukum. Fiqih perbandingan mempelajari persamaan dan perbedaan pendapat di antara berbagai mazhab fiqih, sehingga siswa dapat memahami keragaman pendapat dalam hukum Islam.

Pertanyaan 6: Apa manfaat mempelajari fiqih?

Mempelajari fiqih memiliki banyak manfaat, antara lain: memberikan pemahaman tentang hukum-hukum Islam, membentuk karakter mulia, melatih berpikir kritis, dan mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan hidup.

Dengan mempelajari fiqih, siswa kelas 4 dapat menjadi muslim yang berilmu, berakhlak mulia, dan mampu mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Lanjut Membaca:

  • Pengertian, Tujuan, dan Manfaat Mempelajari Fiqih
  • Materi yang Dipelajari dalam Fiqih Kelas 4
  • Pentingnya Mempelajari Sejarah Islam dalam Fiqih

Tips Mempelajari Fiqih untuk Siswa Kelas 4

Fiqih merupakan mata pelajaran penting bagi siswa kelas 4 untuk memahami hukum-hukum Islam. Berikut adalah beberapa tips untuk mempermudah siswa dalam mempelajari fiqih:

Tip 1: Pahami Dasar-dasar Islam

Sebelum mempelajari fiqih, pastikan siswa telah memahami dasar-dasar agama Islam, seperti akidah, ibadah, dan akhlak. Pemahaman ini akan menjadi landasan untuk mempelajari fiqih.

Tip 2: Belajar dari Sumber yang Terpercaya

Siswa harus belajar fiqih dari sumber yang terpercaya, seperti buku-buku yang ditulis oleh ulama yang kredibel dan memiliki sanad yang jelas. Hindari belajar dari sumber yang tidak jelas atau menyimpang dari ajaran Islam.

Tip 3: Konsisten dalam Belajar

Konsistensi dalam belajar sangat penting. Siswa harus meluangkan waktu secara rutin untuk mempelajari fiqih, baik secara mandiri maupun bersama guru atau teman.

Tip 4: Berlatih Menerapkan Hukum Fiqih

Selain belajar teori, siswa juga perlu berlatih menerapkan hukum fiqih dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini akan membantu siswa memahami fiqih secara lebih mendalam dan dapat mengamalkannya dengan baik.

Tip 5: Jangan Takut Bertanya

Jika siswa menemui kesulitan dalam memahami fiqih, jangan takut untuk bertanya kepada guru, orang tua, atau ulama yang terpercaya. Bertanya akan membantu siswa mendapatkan penjelasan yang jelas dan mengatasi kesulitan belajar.

Tip 6: Menghargai Perbedaan Pendapat

Dalam fiqih, terdapat perbedaan pendapat di antara para ulama. Siswa harus menghargai perbedaan pendapat tersebut dan memahami alasan di baliknya. Sikap toleransi dan saling menghormati sangat penting dalam mempelajari fiqih.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, siswa kelas 4 dapat mempelajari fiqih dengan lebih efektif dan memahami hukum-hukum Islam dengan baik. Pemahaman yang baik tentang fiqih akan menjadi bekal penting bagi siswa untuk mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Kesimpulan

Pelajaran fiqih merupakan mata pelajaran yang sangat penting bagi siswa kelas 4 dalam memahami hukum-hukum Islam dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mempelajari fiqih, siswa dapat menjadi muslim yang berilmu, berakhlak mulia, dan mampu menghadapi tantangan hidup.

Pembelajaran fiqih yang efektif dapat dilakukan dengan memahami dasar-dasar Islam, belajar dari sumber yang terpercaya, konsisten dalam belajar, berlatih menerapkan hukum fiqih, tidak takut bertanya, dan menghargai perbedaan pendapat. Dengan mengikuti tips-tips tersebut, siswa dapat mempelajari fiqih dengan lebih baik dan memahami hukum-hukum Islam dengan benar.

Youtube Video:

sddefault


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *