Belajar PKn Kelas 5 Semester 2

Posted on

Belajar PKn Kelas 5 Semester 2

Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) kelas 5 semester 2 merupakan mata pelajaran yang mempelajari tentang hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga negara Indonesia. Melalui pelajaran ini, siswa diharapkan dapat memahami dan mengamalkan nilai-nilai luhur bangsa, serta mengembangkan sikap dan perilaku yang sesuai dengan norma dan nilai-nilai masyarakat.

Beberapa materi yang dipelajari dalam pelajaran PKn kelas 5 semester 2 antara lain:

Pancasila sebagai dasar negara Indonesia UUD 1945 sebagai konstitusi negara Indonesia Hak dan kewajiban warga negara Indonesia Lambang-lambang negara Indonesia Sejarah perjuangan bangsa Indonesia

Pelajaran PKn kelas 5 semester 2 sangat penting karena memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawab. Melalui pelajaran ini, siswa dapat mengembangkan rasa cinta tanah air, menghargai perbedaan, dan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi.

Pelajaran PKn Kelas 5 Semester 2

Pelajaran PKn di kelas 5 semester 2 sangat penting karena memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawab. Terdapat beberapa aspek penting dalam pelajaran ini, antara lain:

  • Pancasila: Dasar negara Indonesia
  • UUD 1945: Konstitusi negara Indonesia
  • Hak dan Kewajiban: Sebagai warga negara Indonesia
  • Lambang Negara: Garuda Pancasila, bendera Merah Putih, dan lagu Indonesia Raya
  • Sejarah Perjuangan Bangsa: Menumbuhkan rasa cinta tanah air
  • Nilai-Nilai Luhur Bangsa: Gotong royong, musyawarah, dan kekeluargaan
  • Norma dan Nilai Masyarakat: Menghargai perbedaan dan menjunjung tinggi demokrasi
  • Sikap dan Perilaku: Sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa dan norma masyarakat

Dengan memahami aspek-aspek tersebut, siswa diharapkan dapat mengamalkan nilai-nilai luhur bangsa dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, dengan menghormati hak orang lain, melaksanakan kewajiban dengan baik, menghargai perbedaan pendapat, dan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Pancasila

Pancasila merupakan dasar negara Indonesia yang terdiri dari lima sila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Pancasila menjadi landasan bagi seluruh peraturan dan kebijakan di Indonesia, termasuk dalam penyelenggaraan pendidikan.

  • Ketuhanan Yang Maha Esa

    Sila pertama Pancasila mengajarkan tentang pentingnya beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dalam konteks pelajaran PKn kelas 5 semester 2, sila ini memberikan pemahaman tentang hak dan kewajiban warga negara dalam menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.

  • Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

    Sila kedua Pancasila menekankan pentingnya menghormati dan menghargai sesama manusia tanpa memandang perbedaan suku, agama, ras, dan golongan. Dalam pelajaran PKn kelas 5 semester 2, sila ini memberikan pemahaman tentang hak asasi manusia dan pentingnya menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

  • Persatuan Indonesia

    Sila ketiga Pancasila mengajarkan tentang pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Dalam pelajaran PKn kelas 5 semester 2, sila ini memberikan pemahaman tentang sejarah perjuangan bangsa Indonesia, lambang-lambang negara, dan pentingnya menjaga keutuhan NKRI.

  • Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan

    Sila keempat Pancasila menekankan pentingnya musyawarah dan mufakat dalam mengambil keputusan. Dalam pelajaran PKn kelas 5 semester 2, sila ini memberikan pemahaman tentang sistem pemerintahan Indonesia, demokrasi, dan hak pilih warga negara.

  • Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

    Sila kelima Pancasila mengajarkan tentang pentingnya menciptakan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Dalam pelajaran PKn kelas 5 semester 2, sila ini memberikan pemahaman tentang hak dan kewajiban warga negara dalam bidang ekonomi, sosial, dan budaya.

Dengan memahami nilai-nilai Pancasila, siswa diharapkan dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Pengamalan nilai-nilai Pancasila menjadi bekal penting bagi siswa untuk menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawab.

UUD 1945

UUD 1945 merupakan konstitusi negara Indonesia yang memuat aturan-aturan dasar penyelenggaraan negara. Sebagai konstitusi, UUD 1945 menjadi landasan bagi segala peraturan perundang-undangan di Indonesia, termasuk dalam penyelenggaraan pendidikan.

Dalam pelajaran PKn kelas 5 semester 2, UUD 1945 menjadi salah satu materi penting yang dipelajari. Hal ini karena UUD 1945 merupakan sumber hukum tertinggi di Indonesia, sehingga pemahaman tentang UUD 1945 sangat penting bagi warga negara Indonesia, termasuk siswa kelas 5.

Melalui pelajaran PKn kelas 5 semester 2, siswa akan belajar tentang sejarah penyusunan UUD 1945, struktur dan isi UUD 1945, serta kedudukan UUD 1945 dalam sistem hukum Indonesia. Siswa juga akan belajar tentang hak dan kewajiban warga negara Indonesia yang tercantum dalam UUD 1945, serta pentingnya menaati peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dengan memahami UUD 1945, siswa diharapkan dapat menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawab. Siswa dapat memahami hak dan kewajibannya sebagai warga negara, serta dapat berpartisipasi aktif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam UUD 1945.

Hak dan Kewajiban

Dalam pelajaran PKn kelas 5 semester 2, siswa akan belajar tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara Indonesia. Memahami hak dan kewajiban ini sangat penting untuk menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawab.

  • Hak Warga Negara

    Sebagai warga negara Indonesia, setiap orang berhak mendapatkan perlindungan hukum, hak untuk memilih dan dipilih dalam pemilu, hak untuk mendapatkan pendidikan, hak untuk bekerja, dan hak untuk hidup layak.

  • Kewajiban Warga Negara

    Setiap warga negara Indonesia juga memiliki kewajiban, seperti membayar pajak, menaati peraturan perundang-undangan, menjaga keamanan dan ketertiban, dan ikut serta dalam upaya pembelaan negara.

  • Hubungan Hak dan Kewajiban

    Hak dan kewajiban warga negara saling terkait. Untuk dapat menikmati hak-haknya, setiap warga negara harus memenuhi kewajibannya. Misalnya, untuk dapat memilih dalam pemilu, setiap warga negara harus terdaftar sebagai pemilih dan menggunakan hak pilihnya.

  • Contoh Hak dan Kewajiban dalam Kehidupan Sehari-hari

    Dalam kehidupan sehari-hari, terdapat banyak contoh hak dan kewajiban warga negara. Misalnya, hak untuk mendapatkan pendidikan diwujudkan dengan kewajiban untuk bersekolah. Hak untuk bekerja diwujudkan dengan kewajiban untuk bekerja dengan baik dan bertanggung jawab.

Dengan memahami hak dan kewajiban sebagai warga negara Indonesia, siswa diharapkan dapat menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawab. Siswa dapat memahami hak-hak yang dimilikinya, serta dapat melaksanakan kewajibannya dengan baik. Hal ini penting untuk menciptakan masyarakat yang adil, damai, dan sejahtera.

Lambang Negara

Dalam pelajaran PKn kelas 5 semester 2, siswa akan belajar tentang lambang-lambang negara Indonesia, yaitu Garuda Pancasila, bendera Merah Putih, dan lagu Indonesia Raya. Pembelajaran tentang lambang-lambang negara ini sangat penting karena memiliki keterkaitan erat dengan pembentukan identitas nasional dan rasa cinta tanah air.

Lambang negara Garuda Pancasila merupakan simbol negara Indonesia yang menggambarkan burung Garuda dengan perisai Pancasila di dadanya. Bendera Merah Putih adalah bendera resmi negara Indonesia yang terdiri dari dua warna, yaitu merah dan putih. Lagu Indonesia Raya adalah lagu kebangsaan negara Indonesia yang diciptakan oleh Wage Rudolf Supratman.

Ketiga lambang negara ini memiliki makna dan nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya. Garuda Pancasila melambangkan kekuatan dan keberanian, bendera Merah Putih melambangkan keberanian dan kesucian, sedangkan lagu Indonesia Raya melambangkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Dalam pelajaran PKn kelas 5 semester 2, siswa akan belajar tentang sejarah, makna, dan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam lambang-lambang negara tersebut. Siswa juga akan belajar tentang pentingnya menghormati dan menjaga kelestarian lambang-lambang negara sebagai identitas nasional Indonesia.

Dengan memahami makna dan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam lambang-lambang negara, siswa diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bangga menjadi warga negara Indonesia. Siswa juga diharapkan dapat mengamalkan nilai-nilai luhur tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Sejarah Perjuangan Bangsa

Sejarah perjuangan bangsa merupakan bagian penting dari pelajaran PKn kelas 5 semester 2. Melalui materi ini, siswa belajar tentang perjalanan panjang bangsa Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan. Siswa akan belajar tentang tokoh-tokoh pahlawan nasional, peristiwa-peristiwa penting, dan nilai-nilai perjuangan yang terkandung di dalamnya.

Pembelajaran sejarah perjuangan bangsa sangat penting untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air pada siswa. Dengan memahami perjalanan panjang dan perjuangan yang telah dilakukan oleh para pahlawan, siswa dapat lebih menghargai kemerdekaan yang telah diraih. Rasa cinta tanah air ini menjadi modal dasar bagi siswa untuk menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawab.

Selain itu, pembelajaran sejarah perjuangan bangsa juga dapat memberikan banyak manfaat lainnya, antara lain:

  • Menumbuhkan rasa bangga dan nasionalisme
  • Memperkuat identitas nasional
  • Mengembangkan sikap patriotik
  • Menghargai jasa-jasa pahlawan
  • Menjadi bekal untuk menghadapi tantangan di masa depan

Dengan demikian, pembelajaran sejarah perjuangan bangsa memegang peranan penting dalam pelajaran PKn kelas 5 semester 2. Melalui materi ini, siswa dapat belajar tentang perjalanan panjang bangsa Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan, menumbuhkan rasa cinta tanah air, dan mengembangkan sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa.

Nilai-Nilai Luhur Bangsa

Nilai-nilai luhur bangsa Indonesia, yaitu gotong royong, musyawarah, dan kekeluargaan, merupakan bagian penting dari materi pelajaran PKn kelas 5 semester 2. Ketiga nilai luhur ini menjadi dasar bagi pembentukan karakter warga negara Indonesia yang baik dan bertanggung jawab.

Gotong royong mengajarkan tentang pentingnya bekerja sama dan tolong-menolong. Musyawarah mengajarkan tentang pentingnya berdiskusi dan mengambil keputusan bersama. Sedangkan kekeluargaan mengajarkan tentang pentingnya menjaga hubungan baik dan persaudaraan antar sesama warga negara.

Ketiga nilai luhur bangsa ini sangat penting untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengamalkan gotong royong, kita dapat meringankan beban dan menyelesaikan masalah bersama-sama. Dengan mengamalkan musyawarah, kita dapat mengambil keputusan yang terbaik dan adil bagi semua pihak. Sedangkan dengan mengamalkan kekeluargaan, kita dapat menciptakan suasana yang harmonis dan saling mendukung antar sesama warga negara.

Pembelajaran nilai-nilai luhur bangsa dalam pelajaran PKn kelas 5 semester 2 sangat penting untuk membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawab. Dengan memahami dan mengamalkan nilai-nilai luhur bangsa, siswa diharapkan dapat berkontribusi positif bagi bangsa dan negara Indonesia di masa depan.

Norma dan Nilai Masyarakat

Dalam pelajaran PKn kelas 5 semester 2, siswa belajar tentang norma dan nilai masyarakat. Norma adalah aturan tidak tertulis yang mengatur perilaku masyarakat, sedangkan nilai adalah standar atau prinsip yang dianggap baik dan benar oleh masyarakat. Norma dan nilai masyarakat sangat penting untuk menciptakan kehidupan bermasyarakat yang harmonis dan tertib.

  • Menghargai Perbedaan

    Salah satu norma dan nilai masyarakat yang penting adalah menghargai perbedaan. Indonesia adalah negara yang terdiri dari beragam suku, agama, ras, dan budaya. Setiap suku memiliki adat istiadat dan tradisi yang berbeda-beda. Penting bagi kita untuk menghormati dan menghargai perbedaan tersebut. Dengan menghargai perbedaan, kita dapat hidup rukun dan damai dalam keberagaman.

  • Menjunjung Tinggi Demokrasi

    Norma dan nilai masyarakat lainnya yang penting adalah menjunjung tinggi demokrasi. Demokrasi adalah sistem pemerintahan yang memberikan hak kepada warga negara untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan politik. Dalam demokrasi, setiap warga negara memiliki hak yang sama untuk menyampaikan pendapat dan memilih pemimpinnya. Dengan menjunjung tinggi demokrasi, kita dapat menciptakan pemerintahan yang adil dan sesuai dengan keinginan rakyat.

Norma dan nilai masyarakat sangat penting untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengamalkan norma dan nilai masyarakat, kita dapat menciptakan kehidupan bermasyarakat yang harmonis, tertib, dan demokratis.

Sikap dan Perilaku

Dalam pelajaran PKn kelas 5 semester 2, siswa belajar tentang sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa dan norma masyarakat. Hal ini penting karena sikap dan perilaku yang baik menjadi cerminan kepribadian seseorang dan dapat mempengaruhi hubungannya dengan orang lain.

  • Menghargai Perbedaan

    Salah satu sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa dan norma masyarakat adalah menghargai perbedaan. Indonesia adalah negara yang terdiri dari beragam suku, agama, ras, dan budaya. Setiap suku memiliki adat istiadat dan tradisi yang berbeda-beda. Penting bagi kita untuk menghormati dan menghargai perbedaan tersebut. Dengan menghargai perbedaan, kita dapat hidup rukun dan damai dalam keberagaman.

  • Menjunjung Tinggi Demokrasi

    Sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa dan norma masyarakat lainnya adalah menjunjung tinggi demokrasi. Demokrasi adalah sistem pemerintahan yang memberikan hak kepada warga negara untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan politik. Dalam demokrasi, setiap warga negara memiliki hak yang sama untuk menyampaikan pendapat dan memilih pemimpinnya. Dengan menjunjung tinggi demokrasi, kita dapat menciptakan pemerintahan yang adil dan sesuai dengan keinginan rakyat.

  • Gotong Royong

    Gotong royong merupakan nilai luhur bangsa Indonesia yang mengajarkan tentang pentingnya bekerja sama dan tolong-menolong. Dalam kehidupan sehari-hari, sikap dan perilaku gotong royong dapat diwujudkan melalui kegiatan kerja bakti, membantu tetangga yang membutuhkan, atau berpartisipasi dalam kegiatan sosial masyarakat.

  • Musyawarah

    Musyawarah merupakan nilai luhur bangsa Indonesia yang mengajarkan tentang pentingnya berdiskusi dan mengambil keputusan bersama. Dalam kehidupan sehari-hari, sikap dan perilaku musyawarah dapat diwujudkan melalui kegiatan rapat, diskusi kelompok, atau mencari solusi bersama untuk menyelesaikan masalah.

Dengan mengamalkan sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa dan norma masyarakat, kita dapat menciptakan kehidupan bermasyarakat yang harmonis, tertib, dan demokratis. Hal ini sejalan dengan tujuan pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar, yaitu untuk membekali siswa dengan pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang diperlukan untuk menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawab.

Pertanyaan Umum tentang Pelajaran PKn Kelas 5 Semester 2

Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas 5 Semester 2 memiliki peran penting dalam membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan sebagai warga negara yang baik dan bertanggung jawab. Berikut beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan:

Pertanyaan 1: Apa saja materi yang dipelajari dalam PKn Kelas 5 Semester 2?

Jawaban: Dalam PKn Kelas 5 Semester 2, siswa mempelajari berbagai materi, antara lain: Pancasila, UUD 1945, hak dan kewajiban warga negara, lambang-lambang negara, sejarah perjuangan bangsa, nilai-nilai luhur bangsa, norma dan nilai masyarakat, serta sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai tersebut.

Pertanyaan 2: Mengapa materi Pancasila penting dipelajari?

Jawaban: Pancasila merupakan dasar negara Indonesia yang memuat nilai-nilai luhur bangsa. Memahami Pancasila penting untuk menumbuhkan rasa nasionalisme, cinta tanah air, serta menjadi acuan dalam berperilaku dan mengambil keputusan.

Pertanyaan 3: Apa saja hak dan kewajiban warga negara Indonesia?

Jawaban: Sebagai warga negara Indonesia, setiap individu memiliki hak dan kewajiban yang harus dipenuhi. Hak warga negara antara lain hak untuk mendapatkan pendidikan, pekerjaan, dan perlindungan hukum. Sementara kewajiban warga negara antara lain membayar pajak, menaati peraturan, dan ikut serta dalam upaya pembelaan negara.

Pertanyaan 4: Mengapa kita harus menghargai perbedaan dalam masyarakat?

Jawaban: Indonesia adalah negara yang memiliki keberagaman suku, agama, ras, dan budaya. Menghargai perbedaan merupakan nilai penting dalam masyarakat untuk menciptakan kerukunan dan persatuan. Dengan menghargai perbedaan, kita dapat belajar dari satu sama lain dan memperkaya khazanah budaya bangsa.

Pertanyaan 5: Bagaimana cara mengamalkan nilai gotong royong dalam kehidupan sehari-hari?

Jawaban: Gotong royong merupakan nilai luhur bangsa yang mengajarkan pentingnya bekerja sama dan tolong-menolong. Dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat mengamalkan gotong royong dengan berpartisipasi dalam kegiatan kerja bakti, membantu tetangga yang membutuhkan, atau saling membantu dalam belajar dan kegiatan lainnya.

Pertanyaan 6: Apa manfaat mempelajari sejarah perjuangan bangsa?

Jawaban: Mempelajari sejarah perjuangan bangsa dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air, nasionalisme, dan menghargai jasa para pahlawan. Memahami perjuangan para pahlawan dapat menginspirasi kita untuk menjadi warga negara yang berbakti dan berkontribusi positif bagi bangsa dan negara.

Dengan memahami jawaban dari pertanyaan-pertanyaan umum tersebut, diharapkan siswa dapat semakin memahami pentingnya materi PKn Kelas 5 Semester 2 dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga:

Tips Mempelajari Pelajaran PKn Kelas 5 Semester 2

Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas 5 Semester 2 memiliki peran penting dalam membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan sebagai warga negara yang baik dan bertanggung jawab. Berikut beberapa tips yang dapat membantu siswa mempelajari materi PKn dengan lebih efektif:

Tip 1: Pahami Konsep Dasar
Sebelum mempelajari materi yang lebih kompleks, pastikan siswa memahami konsep dasar PKn, seperti Pancasila, UUD 1945, hak dan kewajiban warga negara, serta nilai-nilai luhur bangsa.

Tip 2: Belajar dengan Cara Menyenangkan
Gunakan metode belajar yang menyenangkan dan bervariasi, seperti membaca buku cerita tentang pahlawan nasional, menonton film dokumenter tentang sejarah perjuangan bangsa, atau bermain peran untuk memahami proses pengambilan keputusan musyawarah.

Tip 3: Hubungkan dengan Kehidupan Nyata
Siswa akan lebih mudah memahami materi PKn jika dikaitkan dengan kehidupan nyata. Misalnya, diskusikan tentang hak dan kewajiban warga negara dalam konteks kehidupan sehari-hari, atau jelaskan nilai gotong royong melalui kegiatan kerja bakti di lingkungan sekitar.

Tip 4: Berlatih Soal
Latihan soal secara teratur akan membantu siswa menguji pemahaman materi dan mengidentifikasi kelemahan mereka. Guru dapat memberikan soal latihan atau siswa dapat mencari soal latihan tambahan secara online.

Tip 5: Diskusikan dengan Teman
Diskusi kelompok dapat menjadi cara efektif untuk memperdalam pemahaman materi. Siswa dapat saling berbagi perspektif, bertanya, dan menjawab untuk memperkaya pengetahuan mereka.

Kesimpulan

Dengan menerapkan tips-tips di atas, siswa diharapkan dapat memahami dan mengamalkan nilai-nilai luhur bangsa serta menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawab. Pelajaran PKn Kelas 5 Semester 2 merupakan bekal penting untuk membentuk karakter siswa dan mempersiapkan mereka menghadapi tantangan di masa depan.

Kesimpulan

Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di kelas 5 semester 2 memiliki peranan yang sangat penting dalam membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi warga negara Indonesia yang baik dan bertanggung jawab. Melalui materi-materi yang dipelajari, seperti Pancasila, UUD 1945, hak dan kewajiban warga negara, sejarah perjuangan bangsa, hingga nilai-nilai luhur bangsa, siswa diharapkan dapat mengembangkan sikap dan perilaku sesuai dengan norma dan nilai-nilai yang berlaku di masyarakat.

Dengan menguasai materi PKn kelas 5 semester 2, siswa akan mampu memahami hak dan kewajibannya sebagai warga negara, menghargai perbedaan dan keberagaman, serta menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi. Hal ini menjadi bekal yang berharga bagi siswa dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara di masa depan.

Youtube Video:

sddefault


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *