Belajar Dasar-Dasar TIK Kelas 9: Panduan Lengkap

Posted on

Belajar Dasar-Dasar TIK Kelas 9: Panduan Lengkap

Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di kelas 9 merupakan bagian penting dari kurikulum pendidikan di Indonesia. Mata pelajaran ini membekali siswa dengan keterampilan dan pengetahuan dasar dalam bidang TIK, yang sangat dibutuhkan di era digital saat ini.

Pembelajaran TIK di kelas 9 mencakup berbagai topik, antara lain: konsep dasar TIK, pengenalan perangkat keras dan perangkat lunak komputer, pengoperasian sistem operasi, pengolahan kata, pengolah angka, presentasi, desain grafis, dan keamanan digital. Melalui pembelajaran ini, siswa diharapkan dapat memahami prinsip-prinsip dasar TIK, menggunakan berbagai aplikasi TIK secara efektif, serta mampu memecahkan masalah terkait TIK.

Selain itu, pembelajaran TIK di kelas 9 juga bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, kreativitas, dan kerja sama siswa. Melalui berbagai aktivitas pembelajaran, seperti diskusi, praktik, dan proyek, siswa diharapkan dapat mengembangkan kemampuan berpikir logis, menganalisis informasi, dan menghasilkan solusi inovatif.

Pembelajaran TIK Kelas 9

Pembelajaran TIK di kelas 9 merupakan bagian penting dalam pendidikan di era digital saat ini. Beberapa aspek esensial yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran TIK kelas 9 antara lain:

  • Konsep Dasar TIK
  • Perangkat Keras dan Perangkat Lunak
  • Sistem Operasi
  • Pengolah Kata
  • Pengolah Angka
  • Presentasi
  • Desain Grafis
  • Keamanan Digital
  • Keterampilan Berpikir Kritis
  • Kerja Sama

Aspek-aspek ini saling terkait dan membentuk dasar yang kuat bagi siswa untuk memahami dan menggunakan TIK secara efektif. Misalnya, pemahaman tentang konsep dasar TIK akan membantu siswa dalam mempelajari sistem operasi dan aplikasi lainnya. Keterampilan berpikir kritis sangat penting untuk menganalisis informasi dan memecahkan masalah terkait TIK. Kerja sama juga penting dalam proyek dan tugas kelompok, di mana siswa dapat belajar bekerja sama dan berbagi pengetahuan.

Konsep Dasar TIK

Konsep Dasar TIK merupakan landasan fundamental bagi siswa kelas 9 dalam mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Konsep ini mencakup pemahaman tentang prinsip-prinsip dasar TIK, komponen-komponen TIK, dan cara kerja TIK dalam kehidupan sehari-hari.

  • Pengertian dan Ruang Lingkup TIK

    Siswa akan mempelajari pengertian TIK, ruang lingkup TIK, dan sejarah perkembangan TIK. Pemahaman ini penting untuk membangun landasan yang kuat dalam mempelajari TIK.

  • Komponen dan Arsitektur Sistem Komputer

    Siswa akan mempelajari komponen-komponen dasar sistem komputer, seperti perangkat keras, perangkat lunak, dan jaringan. Mereka juga akan memahami arsitektur sistem komputer dan cara kerja masing-masing komponen.

  • Prinsip Kerja Jaringan Komputer

    Siswa akan mempelajari prinsip kerja jaringan komputer, termasuk jenis-jenis jaringan, topologi jaringan, dan protokol jaringan. Pemahaman ini penting untuk memahami bagaimana komputer dapat berkomunikasi dan berbagi sumber daya.

  • Etika dan Keamanan Digital

    Siswa akan mempelajari etika dalam penggunaan TIK, seperti hak cipta, privasi, dan keamanan data. Mereka juga akan memahami pentingnya keamanan digital dan cara melindungi diri dari ancaman siber.

Dengan memahami Konsep Dasar TIK, siswa kelas 9 akan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang kuat untuk mempelajari aspek-aspek TIK lainnya, seperti pengoperasian sistem operasi, pengolahan kata, pengolah angka, dan desain grafis. Konsep-konsep dasar ini juga akan membantu siswa dalam memahami perkembangan teknologi di masa depan dan menggunakan TIK secara efektif dan bertanggung jawab.

Perangkat Keras dan Perangkat Lunak

Dalam pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kelas 9, pemahaman tentang perangkat keras dan perangkat lunak sangat penting. Keduanya merupakan komponen utama yang saling bekerja sama dalam sistem komputer.

  • Perangkat Keras

    Perangkat keras adalah komponen fisik komputer, seperti CPU, RAM, hard disk, monitor, dan keyboard. Perangkat keras berfungsi untuk menjalankan instruksi dari perangkat lunak dan menyediakan sumber daya yang dibutuhkan untuk memproses data.

  • Perangkat Lunak

    Perangkat lunak adalah kumpulan instruksi yang mengatur dan mengendalikan perangkat keras komputer. Perangkat lunak mencakup sistem operasi, aplikasi, dan program lainnya. Perangkat lunak menentukan bagaimana komputer bekerja dan tugas apa yang dapat dilakukannya.

Dalam konteks pembelajaran TIK kelas 9, siswa akan mempelajari tentang jenis-jenis perangkat keras dan perangkat lunak, fungsi dan cara kerja masing-masing komponen, serta bagaimana keduanya berinteraksi untuk menjalankan berbagai aplikasi dan tugas. Pemahaman tentang perangkat keras dan perangkat lunak akan membantu siswa dalam mengoperasikan komputer secara efektif, memecahkan masalah terkait komputer, dan mengembangkan aplikasi atau program sederhana.

Sistem Operasi

Dalam pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kelas 9, sistem operasi merupakan salah satu aspek penting yang harus dipahami oleh siswa. Sistem operasi adalah perangkat lunak yang mengatur dan mengendalikan semua sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak dalam sistem komputer.

  • Menyediakan Antarmuka Pengguna

    Sistem operasi menyediakan antarmuka pengguna yang memudahkan pengguna untuk berinteraksi dengan komputer. Antarmuka ini dapat berupa antarmuka berbasis teks (command-line interface) atau antarmuka grafis (graphical user interface / GUI).

  • Mengatur Akses ke Perangkat Keras

    Sistem operasi mengatur akses ke perangkat keras komputer, seperti CPU, memori, dan perangkat penyimpanan. Sistem operasi memastikan bahwa semua perangkat keras berfungsi dengan baik dan mengalokasikan sumber daya secara efisien.

  • Mengelola Perangkat Lunak

    Sistem operasi mengelola perangkat lunak yang terinstal pada komputer, termasuk aplikasi dan program lainnya. Sistem operasi memastikan bahwa perangkat lunak berjalan dengan benar dan tidak terjadi konflik antar perangkat lunak.

  • Menyediakan Layanan Sistem

    Sistem operasi menyediakan berbagai layanan sistem, seperti manajemen file, manajemen memori, dan keamanan. Layanan-layanan ini penting untuk kelancaran operasi sistem komputer.

Pemahaman tentang sistem operasi sangat penting dalam pembelajaran TIK kelas 9 karena sistem operasi merupakan dasar dari semua aplikasi dan program yang digunakan pada komputer. Dengan memahami sistem operasi, siswa dapat mengoperasikan komputer secara efektif, memecahkan masalah terkait komputer, dan mengembangkan aplikasi atau program sederhana.

Pengolah Kata

Pengolah kata merupakan salah satu aplikasi penting yang dipelajari dalam pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kelas 9. Pengolah kata adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, mengedit, memformat, dan mencetak dokumen.

  • Membuat dan Mengedit Dokumen

    Pengolah kata memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengedit dokumen teks, seperti surat, laporan, makalah, dan presentasi. Pengguna dapat mengetik, menyalin, memotong, menempel, dan memformat teks dengan mudah.

  • Memformat Dokumen

    Pengolah kata menyediakan berbagai fitur pemformatan untuk memperindah tampilan dokumen. Pengguna dapat mengatur jenis dan ukuran huruf, warna, perataan, spasi, dan margin.

  • Menambahkan Objek

    Selain teks, pengolah kata juga memungkinkan pengguna untuk menambahkan objek lain ke dalam dokumen, seperti gambar, tabel, grafik, dan bagan. Hal ini membuat dokumen menjadi lebih menarik dan informatif.

  • Berkolaborasi dengan Orang Lain

    Beberapa pengolah kata menyediakan fitur kolaborasi yang memungkinkan beberapa pengguna untuk bekerja pada dokumen yang sama secara bersamaan. Fitur ini sangat berguna untuk mengerjakan tugas kelompok atau proyek bersama.

Pemahaman tentang pengolah kata sangat penting dalam pembelajaran TIK kelas 9 karena pengolah kata merupakan alat yang banyak digunakan dalam berbagai aspek kehidupan, seperti pendidikan, bisnis, dan pemerintahan. Dengan menguasai pengolah kata, siswa dapat membuat dokumen yang profesional dan menarik, serta mengelola informasi secara efektif.

Pengolah Angka

Pengolah angka merupakan salah satu aplikasi penting yang dipelajari dalam pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kelas 9. Pengolah angka adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, mengedit, dan menganalisis data numerik.

Pengolah angka sangat penting dalam pembelajaran TIK kelas 9 karena beberapa alasan. Pertama, pengolah angka membantu siswa mengembangkan keterampilan numerasi dan pemecahan masalah. Dengan menggunakan pengolah angka, siswa dapat melakukan perhitungan kompleks, mengolah data, dan membuat grafik dengan mudah. Kedua, pengolah angka mempersiapkan siswa untuk menggunakan alat yang banyak digunakan di dunia kerja. Pengolah angka banyak digunakan di berbagai bidang, seperti bisnis, keuangan, sains, dan teknik.

Beberapa contoh penggunaan pengolah angka dalam kehidupan nyata antara lain:

  • Membuat anggaran keuangan pribadi atau bisnis
  • Menganalisis data penjualan
  • Membuat grafik dan bagan untuk mempresentasikan data
  • Melakukan peramalan dan pemodelan

Dengan memahami dan menguasai pengolah angka, siswa kelas 9 dapat mengembangkan keterampilan yang berharga untuk kesuksesan mereka di masa depan. Pengolah angka dapat membantu siswa membuat keputusan yang lebih baik, memecahkan masalah secara efektif, dan berkomunikasi informasi numerik dengan jelas.

Presentasi

Presentasi merupakan salah satu keterampilan penting yang dipelajari dalam pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kelas 9. Presentasi adalah kegiatan menyampaikan informasi atau ide kepada audiens menggunakan berbagai media, seperti slide, gambar, video, dan audio. Keterampilan presentasi sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan, baik dalam pendidikan, pekerjaan, maupun kehidupan sosial.

Dalam pembelajaran TIK kelas 9, siswa belajar cara membuat dan menyampaikan presentasi yang efektif. Siswa belajar menyusun materi presentasi, mendesain slide yang menarik, dan berlatih teknik berbicara di depan umum. Keterampilan ini sangat penting karena presentasi sering digunakan dalam pembelajaran, seperti untuk mempresentasikan hasil proyek atau makalah penelitian.

Selain itu, keterampilan presentasi juga sangat bermanfaat dalam dunia kerja. Banyak profesi yang membutuhkan karyawan yang mampu mempresentasikan ide atau hasil kerja mereka secara efektif, seperti manajer, konsultan, dan tenaga penjual. Dengan menguasai keterampilan presentasi, siswa kelas 9 akan lebih siap menghadapi tuntutan dunia kerja di masa depan.

Desain Grafis

Dalam pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kelas 9, desain grafis memegang peranan penting sebagai salah satu komponen yang dipelajari. Desain grafis merupakan proses kreatif yang melibatkan penggunaan elemen visual, seperti gambar, bentuk, dan warna, untuk menyampaikan pesan atau informasi.

  • Komponen Desain Grafis

    Komponen dasar desain grafis meliputi garis, bentuk, warna, dan tipografi. Siswa akan mempelajari prinsip-prinsip desain, seperti keseimbangan, kontras, dan hierarki, untuk menciptakan desain yang efektif dan menarik.

  • Jenis-Jenis Desain Grafis

    Terdapat berbagai jenis desain grafis, antara lain desain logo, desain brosur, desain poster, dan desain web. Siswa akan mempelajari teknik dan aplikasi dari masing-masing jenis desain grafis.

  • Perangkat Lunak Desain Grafis

    Siswa akan diperkenalkan dengan perangkat lunak desain grafis, seperti Adobe Photoshop dan Corel Draw. Mereka akan mempelajari cara menggunakan perangkat lunak tersebut untuk membuat dan mengedit desain grafis.

  • Aplikasi Desain Grafis

    Desain grafis memiliki aplikasi yang luas dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam pembuatan materi iklan, desain kemasan produk, dan desain situs web. Siswa akan memahami pentingnya desain grafis dalam berbagai bidang industri.

Dengan menguasai dasar-dasar desain grafis, siswa kelas 9 dapat mengembangkan kreativitas, keterampilan komunikasi visual, dan kemampuan pemecahan masalah. Keterampilan ini sangat bermanfaat baik dalam melanjutkan pendidikan maupun memasuki dunia kerja.

Keamanan Digital

Keamanan digital merupakan aspek penting dalam pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kelas 9. Hal ini disebabkan pesatnya perkembangan teknologi dan meningkatnya ketergantungan pada perangkat digital dalam kehidupan sehari-hari.

Keamanan digital mencakup pemahaman tentang ancaman keamanan digital, seperti pencurian data, peretasan, dan penipuan online. Siswa akan belajar cara melindungi diri dari ancaman ini dengan menggunakan kata sandi yang kuat, mengaktifkan fitur keamanan pada perangkat, dan menghindari mengakses situs web atau email yang mencurigakan.

Selain itu, siswa juga akan mempelajari pentingnya menjaga privasi data. Mereka akan belajar cara mengelola pengaturan privasi di media sosial, menghindari berbagi informasi pribadi yang sensitif secara online, dan memahami konsekuensi dari membagikan informasi pribadi secara sembarangan.

Pemahaman tentang keamanan digital sangat penting untuk melindungi diri dari potensi bahaya di dunia maya. Dengan menguasai keterampilan keamanan digital, siswa kelas 9 dapat menggunakan teknologi dengan lebih aman dan bertanggung jawab.

Keterampilan Berpikir Kritis

Keterampilan berpikir kritis merupakan komponen penting dalam pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kelas 9. Keterampilan ini memungkinkan siswa untuk menganalisis, mengevaluasi, dan menafsirkan informasi secara mendalam, sehingga mereka dapat membuat keputusan yang tepat dan menyelesaikan masalah secara efektif.

Dalam konteks pembelajaran TIK, keterampilan berpikir kritis sangat penting karena siswa dihadapkan dengan banyak informasi dan teknologi baru. Mereka perlu dapat membedakan antara informasi yang benar dan salah, memahami implikasi etika dan sosial dari penggunaan TIK, dan membuat keputusan yang tepat dalam menggunakan teknologi.

Misalnya, siswa perlu berpikir kritis ketika mengevaluasi informasi yang ditemukan di internet. Mereka harus dapat membedakan antara fakta dan opini, mengidentifikasi sumber yang kredibel, dan memahami bias yang mungkin ada dalam informasi tersebut. Keterampilan berpikir kritis juga penting ketika siswa mengembangkan dan menggunakan teknologi baru. Mereka perlu dapat memahami potensi manfaat dan risiko teknologi, dan membuat keputusan yang tepat tentang cara menggunakan teknologi untuk kebaikan.

Dengan mengembangkan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran TIK kelas 9, siswa dapat menjadi pengguna teknologi yang lebih cerdas dan bertanggung jawab. Mereka dapat membuat keputusan yang lebih baik tentang cara menggunakan teknologi, dan mereka dapat menggunakan teknologi untuk memecahkan masalah dan meningkatkan kehidupan mereka.

Kerja Sama

Dalam konteks pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kelas 9, kerja sama memegang peranan penting. Kerja sama memungkinkan siswa untuk saling membantu dalam memahami konsep dan menyelesaikan tugas, sehingga tercipta lingkungan belajar yang positif dan efektif.

  • Pembelajaran Kolaboratif

    Pembelajaran kolaboratif merupakan bentuk kerja sama di mana siswa bekerja sama dalam kelompok kecil untuk mencapai tujuan pembelajaran yang sama. Dalam kelompok-kelompok ini, siswa dapat saling berbagi pengetahuan, keterampilan, dan ide untuk menyelesaikan tugas atau proyek.

  • Peer Teaching

    Peer teaching adalah strategi pembelajaran di mana siswa mengajarkan materi kepada teman sekelasnya. Hal ini mendorong siswa untuk memahami konsep secara lebih mendalam dan mengembangkan keterampilan komunikasi mereka.

  • Proyek Kelompok

    Proyek kelompok melibatkan siswa dalam bekerja sama untuk menyelesaikan tugas atau proyek yang lebih kompleks. Proyek kelompok membantu siswa mengembangkan keterampilan kerja sama, pemecahan masalah, dan manajemen waktu.

  • Diskusi Kelas

    Diskusi kelas memberikan kesempatan bagi siswa untuk berbagi ide, pendapat, dan pertanyaan dengan teman sekelas mereka. Diskusi ini mendorong kerja sama dan pemahaman yang lebih dalam tentang materi pelajaran.

Kerja sama dalam pembelajaran TIK kelas 9 tidak hanya meningkatkan prestasi akademik siswa, tetapi juga membekali mereka dengan keterampilan penting yang dapat diterapkan dalam kehidupan pribadi dan profesional mereka. Siswa yang terbiasa bekerja sama akan lebih mampu berkomunikasi secara efektif, menyelesaikan konflik secara damai, dan mencapai tujuan bersama.

Pertanyaan Umum tentang Pembelajaran TIK Kelas 9

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan terkait pembelajaran TIK kelas 9:

Pertanyaan 1: Apa saja materi yang dipelajari dalam pembelajaran TIK kelas 9?

Materi pembelajaran TIK kelas 9 meliputi konsep dasar TIK, perangkat keras dan perangkat lunak, sistem operasi, pengolah kata, pengolah angka, presentasi, desain grafis, keamanan digital, keterampilan berpikir kritis, dan kerja sama.

Pertanyaan 2: Mengapa pembelajaran TIK penting bagi siswa kelas 9?

Pembelajaran TIK penting bagi siswa kelas 9 karena membekali mereka dengan keterampilan dan pengetahuan dasar dalam bidang TIK yang sangat dibutuhkan di era digital saat ini.

Pertanyaan 3: Apa saja manfaat yang dapat diperoleh siswa dari pembelajaran TIK?

Pembelajaran TIK dapat memberikan banyak manfaat bagi siswa, antara lain: meningkatkan keterampilan berpikir kritis, memecahkan masalah, kreativitas, dan kerja sama; mempersiapkan siswa untuk menghadapi tuntutan dunia kerja yang semakin mengandalkan teknologi; serta membekali siswa dengan keterampilan yang dapat menunjang kesuksesan mereka di masa depan.

Pertanyaan 4: Apakah pembelajaran TIK hanya berfokus pada keterampilan teknis?

Selain keterampilan teknis, pembelajaran TIK juga menekankan pengembangan keterampilan non-teknis, seperti keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan kerja sama. Keterampilan-keterampilan ini sangat penting untuk keberhasilan siswa di bidang akademik maupun profesional.

Pertanyaan 5: Bagaimana cara agar siswa dapat mengikuti pembelajaran TIK dengan baik?

Agar dapat mengikuti pembelajaran TIK dengan baik, siswa perlu memiliki motivasi belajar, memperhatikan penjelasan guru, aktif bertanya, mengerjakan tugas dengan tekun, dan memanfaatkan sumber belajar yang tersedia.

Pertanyaan 6: Apa saja prospek karier bagi lulusan yang memiliki keterampilan TIK?

Lulusan yang memiliki keterampilan TIK memiliki prospek karier yang luas di berbagai bidang, seperti pengembangan perangkat lunak, administrasi jaringan, desain grafis, dan keamanan siber.

Demikian beberapa pertanyaan umum beserta jawabannya terkait pembelajaran TIK kelas 9. Dengan memahami materi, manfaat, dan prospek karier yang ditawarkan oleh pembelajaran TIK, siswa diharapkan dapat mengikuti pembelajaran dengan lebih optimal dan meraih kesuksesan di bidang TIK.

Catatan: Untuk informasi lebih lanjut mengenai pembelajaran TIK kelas 9, silakan berkonsultasi dengan guru TIK atau sumber-sumber belajar yang tersedia.

Tips untuk Pembelajaran TIK Kelas 9

Pembelajaran TIK di kelas 9 sangat penting untuk membekali siswa dengan keterampilan dan pengetahuan dasar di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu siswa mengikuti pembelajaran TIK dengan lebih optimal:

Tip 1: Hadiri Kelas Secara Teratur dan Aktif Berpartisipasi

Menghadiri kelas secara teratur dan aktif berpartisipasi dalam diskusi maupun tanya jawab dapat membantu siswa memahami materi dengan lebih baik. Siswa juga dapat memanfaatkan waktu kelas untuk bertanya kepada guru jika ada materi yang belum dipahami.

Tip 2: Kerjakan Tugas dan Latihan dengan Tekun

Mengerjakan tugas dan latihan secara teratur dapat membantu siswa mengasah keterampilan dan pemahaman mereka terhadap materi TIK. Siswa juga dapat mencari latihan tambahan dari buku atau sumber belajar lainnya untuk memperkuat pemahaman mereka.

Tip 3: Manfaatkan Sumber Belajar yang Tersedia

Selain buku teks, terdapat banyak sumber belajar TIK yang tersedia, seperti internet, video tutorial, dan aplikasi pembelajaran. Siswa dapat memanfaatkan sumber-sumber tersebut untuk memperkaya pemahaman mereka dan melatih keterampilan mereka.

Tip 4: Ikuti Perkembangan Teknologi

Teknologi informasi dan komunikasi terus berkembang pesat. Siswa perlu mengikuti perkembangan teknologi terbaru dengan membaca berita teknologi atau mengikuti workshop dan seminar terkait TIK. Hal ini akan membantu siswa tetap relevan dengan perkembangan zaman dan memperluas wawasan mereka.

Tip 5: Kembangkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah

Pembelajaran TIK tidak hanya berfokus pada keterampilan teknis, tetapi juga pada pengembangan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Siswa perlu terbiasa menganalisis informasi, mengidentifikasi masalah, dan mencari solusi secara logis.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, siswa dapat mengikuti pembelajaran TIK kelas 9 dengan lebih efektif dan memperoleh manfaat yang maksimal. Keterampilan dan pengetahuan yang diperoleh dari pembelajaran TIK akan sangat berguna bagi siswa dalam melanjutkan pendidikan maupun memasuki dunia kerja.

Kesimpulan

Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di kelas 9 merupakan bagian penting dalam mempersiapkan siswa menghadapi perkembangan teknologi di era digital. Melalui pembelajaran TIK, siswa dibekali dengan konsep dasar TIK, keterampilan mengoperasikan perangkat keras dan perangkat lunak, serta kemampuan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan kerja sama.

Keterampilan dan pengetahuan yang diperoleh dari pembelajaran TIK akan sangat bermanfaat bagi siswa dalam melanjutkan pendidikan maupun memasuki dunia kerja. Di era digital ini, hampir semua bidang pekerjaan membutuhkan keterampilan TIK yang mumpuni. Oleh karena itu, siswa perlu memanfaatkan kesempatan untuk mempelajari TIK dengan baik dan menguasai keterampilan yang dibutuhkan di masa depan.

Youtube Video:

sddefault


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *